Matematika akan melatih sistem kerangka berfikir seseorang menjadilebih terarah dan cepat. Hal ini dikaitkan dengan menanamkan sebuah pemetaan konsep
Institute It. Training | Kursus Komputer Jakarta Timur | Denny Febiana Nurhidayat | WA. +628978298280 | email : Siner.gi@live.com
10 TRIK AMPUH BELAJAR MATEMATIKA


Matematika akan melatih sistem kerangka berfikir seseorang menjadilebih terarah dan cepat. Hal ini dikaitkan dengan menanamkan sebuah pemetaankonsep berfikir yang lebih dominan “merelevansi” cara berfikir mereka dengansebuah materi ajar matematika itu sendiri. Konsep yang perlu dikembangkanadalah konsep berfikir kritis, oleh karena itu pada saat belajar matematikadiperlukan pertanyaan-pertanyaan kritis yang sifatnya membangun kecepatan dalammemproses suatu masalah. Seperti “Apakah kamu mau mencoba ini?” “Apa yang akanterjadi jika…. ?” “Apakah kamu dapat …..?” Pertanyaan pertanyaan tersebut akanmampu merangsang bagaimana cara berfikir kritis dan membantu meningkatkanpemahaman terhadap ide-ide, konsep, maupun kosa kata dalam matematika. Berikutini beberapa aktifitas yang dapat dipraktekkan saat belajar matematika :

  1. MenggunakanTeknik dramatisasi. Ajaklah murid-murid Anda berpura-pura (berimajinasi) beradadi sebuah bola atau kotak (Kubus/Prisma/balok), merasakan sisi-sisinya,rusuk-rusuknya, sudutnya dan mendramakan secara sederhana materi aritmatikaseperti: Tiga katak melompat dalam kolam dsb. Pada dasarnya drama akan membuatmereka merasa lebih rileks, merasa lebih memahami tentang apa yang sebenarnyadia pelajari, mudah mengingat karena “melihat”, “mendengarkan” dengan“melakukan” apa yang ada di dalam sebuah drama.
  2. Menggunakananggota tubuh mereka sebagai objek belajar. Anda dapat mengajak merekamenunjukkan berapa banyak kaki, mata, jari, dan anggota tubuh lainnya, kemudianmenjumlahkannya berdasarkan bagian-bagian serta fungsinya, mengalikan denganseluruh anggota kelas, dan sebagainya. Ketika diminta untuk menampilkan “tigatangan,” mereka akan menanggapinya dengan protes keras, dan kemudianmenunjukkan berapa banyak tangan yang mereka memiliki dan mereka akanmembuktikannya dengan menunjukkan bukti tersebut. Kemudian mengajak anak-anakuntuk menampilkan nomor dengan menggunakan jari mereka, misalnya dimulai denganpertanyaaan sederhana, “Berapa usia Kamu?” Siswa akan menunjukan usia merekadengan menggunakan jumlah jari mereka. Selain itu guru menampilkan angkamenggunakan jarinya (misalnya, menampilkan angka lima dengan tiga jari tangankiri dan dua jari tangan kanan).
  3. Menggunakanpermainan sebagai strategi belajar. Melibatkan anak-anak bermain yangmemungkinkan mereka untuk melakukan kegiatan matematika dalam berbagai cara,termasuk pengurutan, menciptakan bentuk simetris dan bangunan, membuat pola,dan sebagainya. Kemudian memperkenalkan permainan jual-beli, diskon,keuntungan, persentase, dsb, atau menunjukkan siswa dengan permainan membelidan menjual mainan atau benda kecil lainnya, belajar menghitung, aritmatika,dan konsep uang. ( Teknik menggunakan permainan, dan berbagai macam permainan.
  4. Menggunakanmainan sebagai media belajar. Mendorong anak-anak untuk menggunakan “adegan”dan beberapa mainan untuk simulasi kejadian nyata yang pernah mereka alami,seperti tiga mobil di jalan, atau misalnya, untuk menunjukkan ada dua monyet diatas pohon dan dua di atas tanah.
  5. Menggunakan ceritaatau dongeng sebagai fungsi perangsang. Pada dasarnya siswa SD adalah masihtergolong anak yang suka bercerita dan menceritakan, salah satu teknik yangdapat anda gunakan yaitu dengan menceritakan sebuah dongeng yang didalamnyaterdapat konsep hitung matematika. Anda dapat bercerita dengan mengeksprsikankejadian yang ada dalam dongeng tersebut agar suasana menjadi lebih menarik,diselingi dengan pertanyaan pertanyaan “pancingan” yang sifatnya menumbuhkankonsep berfikir kritis mereka, dan intonasi suara Anda pada saat kondisi kelaskurang terkendali guna mengembalikan konsentrasi mereka terhadap cerita yangada bacakan. Anda juga dapat memperagakan khususnya pada bagian konsep hitungmatematika yang tujuannya untuk memperjelas konsep matematika itu sendiri.
  6. Menggunakankreativitas/potensi alami anak sebagai pondasi belajar. Menggali ide anaktentang matematika harus didiskusikan bersama dengan anak yang bersangkutan.Misalnya Anda menanyakan kepada seorang siswa yang berumur 6 tahun yangmenyukai cokelat: “Nak, coba pikirkan angka terbesar yang kamu tahu, lalutambah angka itu dengan lima. Bayangkan kamu memiliki coklat sejumlah angkaitu”. Apa yang akan kamu lakukan ?. Selain berhitung, dia juga dapat belajarbercerita. Atau misalnya lagi, ada siswa kelas 5 yang suka dengan bermain bola.Disaat itu anda sedang mengenalkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilanganbulan, Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti ini misanya : “ Nak, kamu kansuka main bola, seandainya hari ini TIM mu kalah 3 kosong di kandang, agar kamubisa menang, kamu harus minimal berapa kosong nak? Anak yang suka dan gemardengan bola, dia akan berfikir dan menjawabnya. Setiap anak memiliki kretifitasyang berbeda.
  7. Menggunakankemampuan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalahsebenarnya adalah hal yang utama, karena dasar tujuan utama belajar matematikaadalah agar mereka cepat tanggap terhadap masalah mereka sendiri maupun masalahsocial yang ada dilingkungan mereka. Mendorong mereka untuk menggunakanjari-jari mereka sendiri atau apapun yang mungkin berguna untuk memecahkanmasalah. Misalnya anda dapat menyuguhkan sebuah cerita sehari-hari yang menarikdalam sebuah soal matematika.
  8. MenggunakanLingkungan sebagai media. Bawalah matematika dimanapun meraka berada, diluar,di dalam kelas maupun ketika meraka sedang berada didalam rumah, jikawajah-wajah meraka telah jenuh terhadap semua pembelajaran diatas, maka bawalahmeraka untuk belajar diluar, seperti dibawah pohon atau tempat tempat yang terasanyaman digunakan untuk belajar, atau sesekali ajaklah guru kelas lain untukbertukar ruangan barang sehari atau dua hari saja, lakukan ini ketika merakatampak jenuh saja, anda juga menggunakan apa yang ada lingkungan sekolahsebagai media, dari menghitung jumlah anak-anak di pagi hari, menghitung mejakursi, meminta anak-anak untuk membersihkan barang dengan jumlah tertentu, ataumembersihkan barang yang berbentuk geometris tertentu dsb.
  9. Menggunakanteknologi. Cobalah Anda sesekali menampilkan sebuah produk teknologi sebagaimedia pembelajaran, misalnya menggunakan kamera digital untuk memotret hasilkerja anak, permainan dan aktifitas yang mereka lakukan dalah belajarmatematika, dan kemudian menggunakan foto untuk diskusi dengan anak-anak, dankomunikasi dengan orang tua. Gunakan juga teknologi lain, seperti komputer danproyektor.
  10. Gunakanassessment untuk mengukur penilaian anak-anak belajar matematika. Assesmentsangat penting, anda tidak akan tau bagaimana perkembangan siswa anda dalampembelajaran yang anda lakukan jika anda tidak membuat asessmen, bentukassesmen ini dapat anda sesuaikan dengan materi ajar. Misalnya, menggunakanobservasi, diskusi dengan anak-anak, dan kelompok-kecil untuk kegiatan belajaranak-anak tentang materi dan berpikir untuk membuat keputusan tentang apa yangmungkin mereka dapat dari pengalaman belajar mereka . Cobalah menggunakankomputer untuk penilaian menggunakan program secara otomatis, seperti EXCELatau ACCESS.

 

Tips BelajarMatematika dengan Cepat dan Lebih Baik:

Ada orangyang beranggapan bahwa jika seseorang menganggap matematika sebagai matapelajaran yang paling mudah dari apapun, maka orang tersebut pasti akan dinyatakansebagai orang yang paling cerdas.

Untukmengatasi pemikiran tersebut, seseorang perlu memahami kemampuannya dalammenangani matematika dan kemudian matematika akan menjadi mata pelajaran yangpaling mudah.

Berikut inicara mudah belajar matematika

1. Terusberlatih:

Matematikaadalah satu-satunya mata pelajaran yang dapat diselesaikan dengan latihan terusmenerus.

Tidak mudahuntuk memahami matematika tetapi jika seseorang bertekad untuk menyelesaikansoal penjumlahan maka matematika adalah mata pelajaran yang dapat diselesaikandalam waktu sepersekian detik.

Ada pepatahterkenal yang mengatakan bahwa latihan membuat manusia menjadi sempurna. Danjika seseorang terus mempraktikkan sesuatu dalam hidupnya, tidak ada yang dapatmenghentikan mereka untuk mencapai mimpinya.

Demikianpula, jika menyangkut matematika itu sederhana, Anda perlu terus mempraktikkansolusi untuk masalah tersebut.

2.Identifikasi kesalahan Anda:

Terkadangsaat mengerjakan soal matematika, ada kemungkinan seseorang mungkin tidakmendapatkan jawaban untuk soal tersebut. Itu mungkin karena kesalahan kecilmereka.

Jikaseseorang ingin menghilangkan perasaan bahwa matematika adalah pelajaran yangsulit, maka dia perlu memperhatikan kesalahannya sendiri.

Pada suatusaat ketika mengerjakan soal matematika, seseorang mungkin jatuh dalam keburukanpada beberapa metode dan untuk mengatasi kejatuhan yang buruk itu, dia perlumemperbaiki kesalahan dan kesalahan mereka sehingga tidak akan ada kesalahanapapun. mengulangi kesalahan seperti itu.

3. Memahamikonsep masalah:

Sering kaliseorang siswa atau siapa pun gagal dalam mengerjakan soal matematika sepertiitu karena mereka tidak memahami konsep soal.

Jikaseseorang salah memahami pertanyaannya maka jelas mereka akan menerima jawabanyang salah juga.

Oleh karenaitu, untuk menyelesaikan suatu masalah matematika seseorang perlu memahamipertanyaannya terlebih dahulu.

Kebanyakanorang membuat kesalahan sederhana seperti ini dan menganggap matematika sulituntuk dipahami.

4. Merujukdari orang lain untuk menghilangkan keraguan:

Telahdijelaskan sebelumnya, bahwa matematika merupakan masalah yang dapatdiselesaikan dengan mempraktikkannya secara rutin.

Demikianpula saat mempraktekkan masalah tersebut jika seseorang menerima keraguantentang solusinya, maka akan lebih baik jika orang tersebut merujuk dari oranglain untuk menghilangkan keraguannya.

Merujuksolusi yang berhasil dengan guru atau seseorang yang memahami pertanyaan denganlebih baik, akan menghapus semua keraguan dan membuat mengerjakan soalmatematika menjadi mudah.

5.Konsentrasi:

Konsentrasiadalah sesuatu yang sangat penting saat mempelajari mata pelajaran apa pun danterutama ketika itu adalah masalah matematika yang rumit.

Konsentrasidiperlukan saat memahami masalah matematika, ini membantu untukmengidentifikasi masalah sebenarnya yang tersembunyi di dalam masalah tersebut.

Oleh karenaitu, orang yang memecahkan masalah disarankan agar perhatian sambil memahamimasalah untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin.

6. Buataktivitas yang bermanfaat:

Di sekolah,anak-anak disarankan untuk membuat bagan dari semua metode dan rumus matematikadan meletakkannya di kamar mereka sehingga dapat terlihat.

 Sehinggamereka terus melihat grafik dan memahami bagaimana sebenarnya menyelesaikanmasalah.

Karena jikamenyangkut soal matematika, akan lebih baik jika seseorang mengidentifikasiakar masalahnya kecuali hanya solusinya.

Oleh karenaitu, membuat kegiatan kreatif akan bermanfaat bagi semua orang yang menganggapbahwa matematika adalah pelajaran yang sulit.

 7.Memanjakan ide-ide kreatif:

Ketikasampai pada masalah matematika, seseorang perlu mempertahankan pendekatan yangtenang saat menyelesaikan beberapa pertanyaan matematika.

Untukmewujudkannya seseorang harus mulai melibatkan beberapa ide kreatif untukmembuat matematika menyenangkan.

Oleh karenaitu, memanjakan beberapa ide kreatif akan membantu seseorang memecahkan masalahmatematika dengan lebih baik.

Misalnya,jika seseorang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, maka iadapat memanfaatkan unsur-unsur praktis untuk memahami soal dengan lebih baiksehingga bisa mendapatkan jawabannya.

Cara BelajarMatematika: Tip untuk Memecahkan Masalah Matematika

Hubunganantara mata pelajaran matematika dengan siswa merupakan hubungan cinta-benci.Meskipun ada siswa yang menyukai mata pelajaran ini, namun di sisi lain hanyasedikit yang membencinya. Ada juga contoh di mana kebencian siswa terhadapmatematika telah berubah menjadi cinta saat mereka mencoba dan mempelajarinya.

Matematikatidak diragukan lagi adalah dasar dari beberapa teknologi berkembang yangsedang berkembang. Dan akan digunakan di hampir setiap sektor. Ikuti tip yangdisebutkan di bawah ini yang pasti akan membantu Anda belajar matematika dengancepat dan mendapat nilai bagus dalam matematika. Ingat seseorang perlu memilikiwaktu dan kesabaran untuk jatuh cinta dengan matematika dan menguasai matapelajaran matematika ini.

  1. Cara MenjadiBrilian dalam Matematika:
  2. Latihan danlebih banyak latihan adalah kuncinya
  3. Belajar dilingkungan bebas gangguan
  4. Tinjaumasalah dan kesalahannya
  5. Buat KamusMatematika
  6. Dapatkaninti dari subjek
  7. Hubungkanmatematika dengan masalah dunia nyata
  8. Pahamimasalahnya dan cobalah untuk menyelesaikannya alih-alih meninggalkannya
  9. Trik Angkauntuk Mengerjakan Matematika di Kepala Anda:

Memahami matematikatidaklah sulit tetapi sulit untuk memecahkan soal tanpa mengetahui trikmatematika sebenarnya yang dapat membantu untuk menyelesaikan soal matematika.

 Ada beberapatrik matematika sederhana yang membantu seseorang memecahkan masalah matematikatanpa membuang banyak waktu.

 1. Akhiriangka sambil menambahkan:

Seringkalimenambahkan dua atau lebih dari dua angka tampaknya sulit dan untuk mempermudahpenjumlahan seseorang dapat mempertimbangkan untuk membulatkan kedua angkatersebut dan mencoba untuk mendapatkan jawabannya.

Misalnya,jika ada bilangan yaitu 535 dan 346. Sambil melihat bilangan tersebut tidaklahsulit untuk menyelesaikannya, tetapi ada cara yang sederhana untukmenyelesaikan soal tersebut yaitu pertama, bulatkan kedua bilangan tersebutseperti ini

Trik:

540 dan 350,sekarang terapkan penjumlahan dan jawabannya adalah 540 + 350=890.

Maka,540-535=5, 350-346=4 yaitu, 5 + 4=9

Sekarangkurangi 9 dari 890=890-9=881 dan jawabannya adalah 881.

2.Menggunakan 1000 aturan pengurangan:

Ini bukanhanya tambahan, dalam hal matematika, semua hal yang berhubungan denganmatematika juga mengganggu.

Misalnya,saat mengurangkan angka besar dari seribu, perhatikan bahwa seseorang perlumengurangi angka pertama dari sembilan dan angka kedua dari sembilan tetapikecuali angka terakhir.

Alih-alihmengurangi angka terakhir dari sembilan, gunakan sepuluh sambil mengurangi.

Trik:

Misalkanangkanya 665, sekarang sambil mengurangkannya dari 1000 pastikan bahwaseseorang menggunakan 9 setiap kali, kecuali untuk yang terakhir kali dan itu

6-9=3

6-9=3

5-10=5

Oleh karenaitu, jawabannya adalah 1000-665=335

3.Mengalikan bilangan genap dan ganjil dengan lima:

Setiap kaliada soal perkalian dengan lima, ada satu aturan atau trik sederhana yang bisamendapatkan satu jawaban tanpa membuang banyak waktu.

Dan saatmengalikan bilangan apa pun dari lima, ingatlah untuk mengikuti triknya.

Misalnya,saat mengalikan lima dengan bilangan genap, ambil bilangan genapnya dan buatsetengahnya lalu tambahkan nol di akhir bilangan tersebut untuk mendapatkanjawabannya.

Dansebaliknya, dengan bilangan ganjil, kurangi satu dari bilangan ganjil danjadikan separuhnya, lalu tambahkan saja lima pada sisi bilangan tersebut untukmendapatkan jawabannya.

Trik:

Denganbilangan genap, anggaplah angkanya adalah 5 * 6

Ambil angkagenap 6, setengahnya adalah 3

Tambahkan 0ke samping, oleh karena itu, jawabannya adalah 5 * 6=30

Trik: Denganbilangan ganjil, misalkan angkanya 5 * 7

Ambil angkaganjil, kurangi 1 dari angka 7-1=6

Buatsetengah dari 6, setengahnya adalah 3

Tambahkan 5,jadi jawabannya adalah 5 * 7=35.

4. Trik pembagian

Ketikadatang untuk membagi jumlah kumpulan angka yang berbeda, maka orang tersebutperlu mengingat trik ini dan itu adalah

Trik:

Jika ada setangka katakanlah 2 sampai 9

Maka perludiingat bahwa pembagian bisa mudah dengan membaginya dengan angka yang sama.

Jikabilangan tersebut diakhiri dengan 2, 4,6 atau 8 maka bilangan tersebut akanhabis habis dibagi 2.

5. Perkalianmudah dari angka yang diakhiri dengan nol:

Mengalikanjumlah besar bisa jadi sedikit sulit tidak hanya untuk anak-anak, tetapi jugatidak mungkin untuk orang dewasa.

Oleh karenaitu, untuk mempermudah seseorang dapat memanfaatkan trik ini sambil mengalikanbilangan besar yang diakhiri dengan nol.

Misalnya,ambil angka besar yang diakhiri dengan nol. Sisihkan angka nol dan coba kalikanhanya angka-angka tersebut dan dapatkan jawabannya dalam beberapa menit.

Trik:

Misalkanmasalahnya 5000 * 2000

Kemudianmulailah dengan angka nol dan sisihkan, sekarang ambil angka dan kalikan danitu akan menjadi

5 * 2=10,sekarang hitung nol dari setiap angka dan tambahkan di samping angka tersebut.Oleh karena itu, jawabannya adalah 1,00,00,000.

6. Perkalianbilangan besar:

Sebagianbesar bagian perkalian matematika membingungkan karena tabel perkaliannya.

Namun adacara lain untuk mengalikan bilangan besar dengan cara yang sederhana yaitudengan membagi bilangan pertama dengan dua dan menggandakan bilangan kedua,kemudian mengalikan kedua bilangan tersebut untuk mendapatkan jawabannya.

Trik:

misalkan jumlahnya40 * 120

Sekarangambil bilangan pertama dan ambil setengahnya 40/2=20.

Kemudian,ambil angka kedua dan gandakan 120 + 120=240

Terakhir,kalikan kedua angka ini 20 * 240. Oleh karena itu, jawabannya adalah 20 * 240=4800.

Cara MudahBelajar Matematika Dengan Mudah dan Cepat:

Mempelajarimatematika dapat menjadi mudah jika orang atau siswa yang mempelajarimatematika mengarahkan pikiran mereka pada subjek selain hal lain.

Ada beberapahal yang dapat membuat pembelajaran matematika menjadi mudah dan menyenangkanbagi semua orang. Berikut ini adalah beberapa tip untuk belajar matematika.

1. Janganpernah melewatkan kelas matematika:

Karenamelewatkan satu kelas dapat menyebabkan masalah sambil mengejar masalahmatematika tanpa kebingungan.

Matematikaadalah mata pelajaran di mana ada kemungkinan seorang siswa atau seseorangakhirnya menjadi bingung tentang masalah matematika.

Dan untukmengatasi situasi itu, seseorang tidak boleh melewatkan kelas matematikamereka.

Menjadiperhatian di kelas matematika dapat membuat seseorang memahami matematikadengan lebih baik tanpa keraguan.

2. Janganmundur saat menyelesaikan masalah di kelas:

Lebih baikjika siswa terus mengerjakan soal yang serupa dengan metode guru mereka. Danterkadang seorang siswa mungkin terjebak di satu tempat masalah.

Alih-alihterjebak dalam menuliskan masalah, cobalah untuk ikut dengan guru dalammemecahkan masalah.

Dan padaakhirnya jika seorang siswa memiliki keraguan maka mereka dapat bertanya kepadaguru mereka tanpa melewatkan satu metode atau langkah apapun dari masalahtersebut.

3. Ulangipekerjaan kelas di rumah:

Ketikasampai pada masalah matematika, seorang siswa perlu memastikan bahwa diamengulang tugas kelasnya di rumah untuk memahami matematika dengan lebih baik.

Alih-alihmembuang-buang waktu, seorang siswa harus mengulangi semua soal dan soal yangtelah diselesaikan guru di kelas dan mencoba menyelesaikannya sendiri.

Jenislatihan ini dapat membantu siswa belajar matematika dengan cepat dan lebihbaik.

4. Caribantuan dari luar kelas:

Sebagianbesar siswa dan masyarakat, berupaya dengan mengikuti kelas pembinaan ekstrademi pemahaman matematika yang lebih baik.

Lebih baikbergabung dengan kelas pembinaan tambahan untuk matematika, karena terkadang dirumah seorang siswa mungkin tidak dapat menyelesaikan masalah matematika,tetapi di lingkungan seperti ruang kelas, dia pasti dapat menyelesaikan masalahtersebut.

Oleh karenaitu, disarankan untuk mencari bantuan dari luar kelas agar lebih baik dalammenyelesaikan soal matematika.

5. Mulailahmembagi bagian-bagian subjek:

Dalammatematika, ada tiga bagian mata pelajaran yaitu aritmatika sederhana, algoritmadan geometri.

Jika seorangsiswa merasa setiap mata pelajaran sulit untuk dipahami, maka lebih baik diamulai membagi mereka sehingga dia dapat membagi bagian waktu kerja yang samauntuk setiap segmen mata pelajaran yang berbeda.

Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments: