Pelajaran Matematika Statistika   instituteistic

Articles/pictures/videos in various disciplines such as mathematics, science and computational science. Explore advanced logical thinking, conceptual ability,  and enhance students understanding of science and mathematics, primary education, secondary education, higher education, teacher education,  and non-formal education

Statistik mengacu pada cabang yang mempelajari pengumpulan, analisis, interpretasi, pengorganisasian, dan penyajian data. ............................
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Disini kita akan membahas tuntas terperinci dan jelas mengenai statistik, kemudian akan dilanjutkan dengan rumus dan soal pembahasan

Pertanyaan 1: Apa itu statistik?

Jawaban: Statistik mengacu pada cabang yang mempelajari pengumpulan, analisis, interpretasi, pengorganisasian, dan penyajian data. Dalam matematika, ini mengacu pada serangkaian persamaan yang kita gunakan untuk menganalisis berbagai hal.

Pertanyaan 2: Bagaimana kita menerapkan statistik dalam Matematika?

Jawaban: Statistika adalah bagian dari Matematika Terapan yang menggunakan teori probabilitas untuk menyederhanakan sampel data yang dikumpulkan. Ini membantu dalam mengkarakterisasi probabilitas di mana generalisasi data benar. Kami menyebutnya sebagai inferensi statistik.

Statistik matematika adalah penerapan teori probabilitas, cabang matematika, untuk statistik, sebagai lawan dari teknik untuk mengumpulkan data statistik. Teknik matematika khusus yang digunakan untuk ini termasuk analisis matematika, aljabar linier, analisis stokastik, persamaan diferensial, dan teori ukuran.

Definisi Statistik
Statistik secara sederhana didefinisikan sebagai studi dan manipulasi data. Seperti yang telah kita bahas dalam pendahuluan bahwa statistik berkaitan dengan analisis dan perhitungan data numerik. Mari kita lihat lebih banyak definisi statistik yang diberikan oleh penulis yang berbeda di sini.

Menurut kamus Merriam-Webster, statistik didefinisikan sebagai “fakta-fakta rahasia yang mewakili kondisi-kondisi suatu masyarakat di suatu negara – terutama fakta-fakta yang dapat dinyatakan dalam angka-angka atau susunan tabel atau klasifikasi lainnya”.

Menurut ahli statistik Sir Arthur Lyon Bowley, statistik didefinisikan sebagai "Pernyataan numerik fakta dalam setiap departemen penyelidikan ditempatkan dalam hubungan satu sama lain".

Contoh Statistik
Beberapa contoh statistik kehidupan nyata adalah:

Untuk mencari rata-rata nilai yang diperoleh setiap siswa di kelas yang kekuatannya 50. Nilai rata-rata di sini adalah statistik dari nilai yang diperoleh.
Misalkan Anda perlu mencari berapa banyak anggota yang dipekerjakan di sebuah kota. Karena kota ini berpenduduk 15 lakh orang, maka kami akan melakukan survei di sini untuk 1000 orang (sampel). Berdasarkan itu, kami akan membuat data, yang merupakan statistik.

Dasar-dasar Statistik
Dasar-dasar statistik meliputi ukuran tendensi sentral dan ukuran dispersi. Kecenderungan pusat adalah mean, median dan modus dan dispersi terdiri dari varians dan standar deviasi.

Mean adalah rata-rata dari pengamatan. Median adalah nilai pusat ketika pengamatan disusun secara berurutan. Modus menentukan pengamatan yang paling sering dalam kumpulan data.

Variasi adalah ukuran penyebaran dari kumpulan data. Standar deviasi adalah ukuran penyebaran data dari mean. Kuadrat deviasi standar sama dengan varians.


Statistik Matematika
Statistik matematika adalah aplikasi Matematika untuk Statistik, yang pada awalnya dipahami sebagai ilmu negara - kumpulan dan analisis fakta tentang suatu negara: ekonominya, dan, militer, populasi, dan sebagainya.

Teknik matematika yang digunakan untuk analisis yang berbeda meliputi analisis matematika, aljabar linier, analisis stokastik, persamaan diferensial dan teori probabilitas teori ukuran.

Probabilitas
Probabilitas adalah alat matematika yang digunakan untuk mempelajari keacakan. Ini berkaitan dengan peluang (kemungkinan) dari suatu peristiwa yang terjadi. Misalnya, jika Anda melempar koin yang adil empat kali, hasilnya mungkin bukan dua kepala dan dua ekor. Namun, jika Anda melempar koin yang sama 4.000 kali, hasilnya akan mendekati setengah kepala dan setengah ekor. Probabilitas teoritis yang diharapkan dari kepala dalam satu lemparan adalah 12 atau 0,5. Meskipun hasil dari beberapa pengulangan tidak pasti, ada pola hasil yang teratur ketika ada banyak pengulangan.

Jenis Statistik
Pada dasarnya, ada dua jenis statistik.

Statistik deskriptif
Statistik Inferensial
Dalam hal statistik deskriptif, data atau kumpulan data dijelaskan secara ringkas. Tetapi dalam kasus statistik inferensial, ini digunakan untuk menjelaskan statistik deskriptif. Kedua jenis ini telah digunakan dalam skala besar.

Ada satu lagi jenis statistik, di mana deskriptif ditransisikan ke statistik inferensial.

Lingkup Statistik
Statistik digunakan di banyak sektor seperti psikologi, geologi, sosiologi, prakiraan cuaca, probabilitas, dan banyak lagi. Tujuan statistik adalah untuk mendapatkan pemahaman dari data, itu berfokus pada aplikasi, dan karenanya, secara khusus dianggap sebagai ilmu matematika.


Metode dalam Statistik
Metode tersebut melibatkan pengumpulan, meringkas, menganalisis, dan menafsirkan data numerik variabel. Berikut beberapa metode yang disediakan di bawah ini.

Pengumpulan data
Ringkasan data
Analisis statistik

Apa itu Data dalam Statistik?
Data adalah kumpulan fakta, seperti angka, kata-kata, pengukuran, pengamatan, dll.

Jenis Data
Data kualitatif- itu adalah data deskriptif.
Contoh- Dia bisa berlari cepat, Dia kurus.
Data kuantitatif- itu adalah informasi numerik.
Contoh- Gurita adalah makhluk berkaki Delapan.

Jenis data kuantitatif
Data diskrit- memiliki nilai tetap tertentu. Itu bisa dihitung
Data berkelanjutan- tidak tetap tetapi memiliki rentang data. Itu bisa diukur.

Representasi Data
Ada berbagai cara untuk merepresentasikan data seperti melalui grafik, bagan, atau tabel. Representasi umum dari data statistik adalah:

Grafik batang
Pie chart
Grafik garis
piktograf
Histogram
Distribusi Frekuensi 
Selengkapnya tentang teks sumber iniDiperlukan teks sumber untuk mendapatkan informasi terjemahan tambahan
Kirim masukan
Panel samping


Berikut ini kami sajikan soal-soal latihan tentang statistika berupa ukuran pemusatan data maupun ukuran penyebaran data. Ukuran pemusatan data meliputi mean, median dan modus. Ukuran penyebaran data diantaranya jangkauan, simpangan kuartil dan simpangan baku. Semoga bermanfaat.


tag:

statistika kelas 12
statistika kuliah
statistika matematika
rumus statistika
statistika kelas 8
materi statistika
contoh statistika
jenis statistika
contoh soal statistika kelas 12
materi statistika kelas 12
materi statistika kuliah


Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top