Pelajaran IPA Fisika tentang TEKANAN  instituteistic

Articles/pictures/videos in various disciplines such as mathematics, science and computational science. Explore advanced logical thinking, conceptual ability,  and enhance students understanding of science and mathematics, primary education, secondary education, higher education, teacher education,  and non-formal education

tekanan adalah efek dari gaya yang bekerja pada permukaan. Secara sederhana didefinisikan sebagai jumlah gaya per satuan luas. Rumus: P = F / A
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

 Materi tekanan untuk kelas 8 meliputi tekanan pada zat padat, zat cair dan gas. Juga dipelajari hukum-hukum yang berhubungan dengan tekanan seperti hukum Pascal, hukum Archimedes, hukum Boyle serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Dalam fisika, tekanan adalah efek dari gaya yang bekerja pada permukaan. Secara matematis, ini adalah besaran skalar yang dihitung sebagai gaya yang diterapkan per satuan luas, di mana gaya yang diterapkan selalu tegak lurus terhadap permukaan. Satuan SI untuk tekanan, Pascal (Pa), setara dengan N/m2.

Tekanan adalah salah satu konsep terpenting dalam fisika. Meskipun kita pasti akan memiliki gagasan tentang tekanan apa yang berasal dari hal-hal seperti pembacaan tekanan atmosfer yang diberikan dalam laporan cuaca atau tekanan air di sistem pemanas rumah kita, saat kita mempelajari fisika, detailnya sangat penting. Mempelajari definisi tekanan yang tepat membantu kita memahami konsep kunci yang terkait dengan gas, termodinamika, daya apung, dan banyak lagi.

Bagaimana tekanan diukur?
Satuan ukuran standar untuk tekanan adalah pascal yang disingkat "Pa". Itu juga newton per meter persegi seperti yang ditunjukkan oleh rumus di atas. Satuan lain yang digunakan untuk tekanan termasuk pon per inci persegi (psi), bar, dan atmosfer standar (atm). Contoh soal: Jika sebuah balok beratnya 60 N dan terletak pada sisi dengan luas 2m kali 3m, berapa tekanan yang diberikan pada permukaan? Tekanan = Gaya Luas P = 60 N (2m x 3m) P = 60 N ÷ (6m2) P = 10 pascal Jika balok 60 N yang sama sekarang terletak pada ujungnya yaitu 2m x 0,5m, berapakah tekanannya ? Tekanan = Gaya Luas P = 60 N (2m x 0,5m) P = 60 N (1m2) P = 60 pascal

Tekanan Udara atau Atmosfer
Salah satu jenis tekanan yang penting adalah tekanan yang diberikan pada benda-benda dari udara atau atmosfer bumi. Ini sebenarnya adalah pengukuran berat gas di atas suatu benda pada luas permukaan tertentu. Semakin tinggi elevasi, semakin rendah tekanan atmosfer yang diberikan karena semakin sedikit udara yang menekan objek.

Tekanan Cair
Penting juga untuk mengetahui tekanan di bawah air atau dalam cairan. Tekanan di bawah air meningkat dengan seberapa dalam Anda. Persamaan untuk menghitung tekanan di bawah cairan adalah: Tekanan = D * g * h di mana D adalah massa jenis fluida, g adalah gravitasi standar (9,8 m/s2), dan h adalah kedalaman benda di dalam cairan.

Tekanan dan Keadaan Materi
Tekanan juga berdampak pada keadaan atau fase materi. Kita sering berpikir tentang perubahan wujud materi dari padat ke cair atau cair ke gas berdasarkan suhu, tetapi tekanan juga berdampak pada wujudnya. Dalam kebanyakan kasus, semakin tinggi tekanan, semakin tinggi suhu yang dibutuhkan untuk mengubah keadaan. Salah satu contohnya adalah titik didih air. Pada ketinggian yang lebih tinggi di mana tekanan udara lebih rendah, air akan mendidih pada suhu yang lebih rendah.

Apa itu Tekanan?
Tekanan secara sederhana didefinisikan sebagai jumlah gaya per satuan luas. Poin kunci ketika mencoba memahami tekanan adalah memikirkan apa yang terjadi pada tingkat atom dalam cairan atau gas pada tekanan tinggi. Molekul penyusunnya terus bergerak, dan ini berarti mereka menabrak dinding wadah sepanjang waktu. Semakin banyak mereka bergerak (karena suhu yang lebih tinggi), semakin mereka menabrak dinding wadah dan semakin tinggi tekanannya.

Apa Rumus Tekanan?
Ketika kekuatan ‘F’ Newton diterapkan tegak lurus dengan luas permukaan ‘A’, maka tekanan yang diberikan pada permukaan dengan kekuatan yang sama dengan rasio F A. Rumus untuk tekanan (P) adalah:

P = F / A

Apa satuan Tekanan?
Satuan Tekanan SI adalah Pascal (PA).

Apa itu Pascal?
Pascal dapat didefinisikan sebagai kekuatan satu Newton yang diterapkan di atas permukaan permukaan satu meter.

Apa saja Faktor-faktor yang memperngaruhi TEKANAN?
Karena tekanan tergantung pada area di mana gaya bertindak, tekanan dapat ditingkatkan dan menurun tanpa perubahan pada gaya. Gaya yang diterapkan untuk konstan jika permukaan menjadi semakin kecil tekanan meningkat dan sebaliknya.

Misalnya, sebuah bata yang duduk di permukaan mengerahkan kekuatan yang sama dengan bobotnya pada objek yang sedang diistirahkan. Sekarang kita tahu bahwa batu bata persegi panjang memiliki permukaan yang lebar dan permukaan tipis di samping. Dengan mengubah orientasi bata beristirahat di permukaan, kita secara efektif mengubah tekanan yang bekerja pada permukaan dengan batu bata yang sama. Lihat gambar di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.


Untuk benda yang duduk di permukaan, gaya yang menekan permukaan adalah berat benda, tetapi dalam orientasi yang berbeda mungkin memiliki area kontak yang berbeda dengan permukaan dan karena itu memberikan tekanan yang berbeda.

Dengan kata lain, jika permukaan menjadi lebih kecil, tekanan menjadi lebih besar. Karena alasan inilah pisau dan kuku kita sangat tajam. Pisau menekan kekuatan di seluruh ujung tombaknya. tepi-tepi tajam, lebih tinggi tekanan, dan akibatnya pemotongan dengan pisau tajam itu mudah. Dalam pisau tumpul, gaya  tekanan di atas permukaan tumpul dengan luas permukaan yang lebih besar. Karena itu, kita perlu menempatkan lebih banyak kekuatan untuk memotong. Karena itu, pisau adalah yang terbaik saat paling tajam.

Untuk alasan yang sama - yaitu, pengurangan luas permukaan meningkatkan tekanan bersih - potongan Jawara Silat jauh lebih merusak dan mematikan daripada tamparan terbuka. Ketika sesorang menampar seseorang, kekuatan yang dimilikki menampar permukaan digunakan di seluruh telapak tangan. Sebaliknya, seorang Jawara Silat memusatkan semua kekuatan di sisi tangan yang memiliki luas permukaan yang lebih rendah daripada telapak tangan. Ini mengarah pada kemampuan tekanan yang lebih besar pada permukaan sehingga hasil pukulan Jawara Silat lebih mematikan daripada tamparan.

Ada banyak situasi fisik di mana tekanan adalah variabel yang paling penting. Jika seseorang mengupas apel, maka tekanan adalah variabel kuncinya: jika pisau tajam, maka area kontaknya kecil dan  siapapun dapat mengupasnya dengan lebih sedikit tenaga yang diberikan pada mata pisau. Jika sesorang harus mendapatkan suntikan, maka tekanan adalah variabel yang paling penting dalam memasukkan jarum melalui kulit: lebih baik memiliki jarum yang tajam daripada yang tumpul karena area kontak yang lebih kecil menyiratkan bahwa lebih sedikit gaya yang diperlukan untuk mendorong jarum. melalui kulit.

Ketika seseorang berurusan dengan tekanan cairan saat diam, media diperlakukan sebagai distribusi materi yang berkelanjutan. Tetapi ketika sesorang berurusan dengan tekanan gas, itu adalah tekanan rata-rata dari tumbukan molekul dengan dinding.

Tekanan dalam fluida dapat dilihat sebagai ukuran energi per satuan volume melalui definisi usaha. Energi ini terkait dengan bentuk lain dari energi fluida dengan persamaan Bernoulli.

Pernahkah bertanya-tanya mengapa pisau harus begitu tajam atau mengapa kuku kita gunakan akhir dengan titik yang tajam? Jawaban atas semua pertanyaan ini terletak pada konsep tekanan. Ini adalah rasio gaya yang diterapkan ke daerah permukaan di mana gaya diterapkan. Kita dapat menentukan tekanan sebagai:

gaya yang diberikan tegak lurus terhadap permukaan suatu benda per satuan luas di mana kekuatan yang didistribusikan.

Apa saja konsep TEKANAN ?
Tekanan sebagai Kepadatan Energi
Tekanan dalam fluida dapat dianggap sebagai ukuran energi per satuan volume atau kepadatan energi. Untuk gaya yang diberikan pada fluida, ini dapat dilihat dari definisi tekanan:

Aplikasi yang paling jelas adalah pada tekanan hidrostatik suatu fluida, di mana tekanan dapat digunakan sebagai rapat energi di samping rapat energi kinetik dan rapat energi potensial dalam persamaan Bernoulli.

Sisi lain dari koin adalah bahwa kepadatan energi dari penyebab lain dapat dengan mudah dinyatakan sebagai "tekanan" yang efektif. Misalnya, kerapatan energi molekul pelarut yang mengarah ke osmosis dinyatakan sebagai tekanan osmotik. Kepadatan energi yang menjaga bintang dari keruntuhan dinyatakan sebagai tekanan radiasi.

Energi Kinetik Fluida
Energi kinetik dari fluida yang bergerak lebih berguna dalam aplikasi seperti persamaan Bernoulli ketika dinyatakan sebagai energi kinetik per satuan volume

Ketika energi kinetik adalah energi fluida dalam kondisi aliran laminar melalui tabung, kita harus memperhitungkan profil kecepatan untuk mengevaluasi energi kinetik. Pada penampang aliran, energi kinetik harus dihitung dengan menggunakan kuadrat kecepatan rata-rata, yang tidak sama dengan kuadrat kecepatan rata-rata. Dinyatakan dalam kecepatan maksimum vm di pusat aliran, energi kinetiknya adalah

Energi Potensial Fluida
Energi potensial dari fluida yang bergerak lebih berguna dalam aplikasi seperti persamaan Bernoulli ketika dinyatakan sebagai energi potensial per satuan volume

Kerapatan energi suatu fluida dapat dinyatakan dalam rapat energi potensial ini bersama dengan rapat energi kinetik dan tekanan fluida.

Apa saja Fakta Menarik tentang Tekanan ?
  1. Pascal dinamai fisikawan dan matematikawan Prancis Blaise Pascal. Satu pascal adalah jumlah tekanan yang cukup kecil. 
  2. Dibutuhkan 101.325 pascal untuk menyamai satu atmosfer. Beberapa benda, seperti ujung paku atau ujung pisau, dirancang dengan luas permukaan yang sangat kecil untuk memaksimalkan tekanan yang diberikan oleh suatu gaya. 
  3. Kapal selam harus dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi saat berada jauh di bawah air. Tekanan udara sering diukur dengan alat yang disebut barometer. Kebanyakan barometer saat ini mengukur tekanan udara dalam milibar. Perubahan tekanan udara penting bagi peramal cuaca karena dapat menunjukkan perubahan cuaca.

Jenis Tekanan

Udara atmosfer bumi dikelilingi oleh lapisan gas sehingga udara yang mengelilingi bumi ini memberikan tekanan yang dikenal sebagai 'tekanan atmosfer'. Nilainya di permukaan laut adalah 101325 Pa.

Ini diukur dengan menggunakan barometer air raksa (karenanya tekanan atmosfer juga dikenal sebagai tekanan barometrik), yang menunjukkan ketinggian kolom air raksa yang secara tepat menyeimbangkan berat kolom atmosfer di atas barometer. Ini dapat dinyatakan dalam beberapa sistem satuan yang berbeda seperti milimeter (atau inci) air raksa, pound per inci persegi (psi), dyne per sentimeter persegi, milibar (mb), atmosfer standar, atau kilopascal.

tekanan, dalam ilmu fisika, gaya tegak lurus per satuan luas, atau tegangan pada suatu titik di dalam fluida terbatas. Tekanan yang diberikan pada sebuah lantai oleh sebuah kotak seberat 42 pon yang bagian bawahnya memiliki luas 84 inci persegi sama dengan gaya dibagi dengan luas tempat ia bekerja; yaitu, satu setengah pon per inci persegi. Berat atmosfer yang menekan setiap satuan luas permukaan bumi merupakan tekanan atmosfer, yang pada permukaan laut sekitar 15 pon per inci persegi. Dalam satuan SI, tekanan diukur dalam pascal; satu pascal sama dengan satu newton per meter persegi. Tekanan atmosfer mendekati 100.000 pascal.

Tekanan yang diberikan oleh gas yang terkekang dihasilkan dari efek rata-rata gaya yang dihasilkan pada dinding wadah oleh pemboman yang cepat dan terus-menerus dari sejumlah besar molekul gas. Tekanan absolut gas atau cairan adalah tekanan total yang diberikannya, termasuk efek tekanan atmosfer. Tekanan mutlak nol sesuai dengan ruang kosong atau ruang hampa penuh.

Pengukuran tekanan dengan alat pengukur biasa di Bumi, seperti pengukur tekanan ban, mengungkapkan tekanan yang melebihi tekanan atmosfer. Dengan demikian, pengukur ban dapat menunjukkan tekanan 30 pon (per inci persegi), tekanan pengukur. Tekanan absolut yang diberikan oleh udara di dalam ban, termasuk tekanan atmosfer, adalah 45 pon per inci persegi. Tekanan kurang dari atmosfer adalah tekanan pengukur negatif yang sesuai dengan vakum parsial.

Tekanan hidrostatis adalah tegangan, atau tekanan, yang diberikan secara merata ke segala arah pada titik-titik di dalam fluida terbatas (cairan atau gas). Ini adalah satu-satunya tekanan yang mungkin terjadi dalam cairan saat istirahat

Tekanan litostatik, tekanan yang diberikan pada tubuh batuan oleh batuan di sekitarnya, adalah tekanan di kerak bumi yang agak analog dengan tekanan hidrostatik dalam cairan. Tekanan litostatik meningkat dengan kedalaman di bawah permukaan bumi.
Tekanan atmosfer menurun di dekat permukaan bumi, dengan ketinggian sekitar 3,5 milibar untuk setiap 30 meter (100 kaki).

Berikut ini soal-soal tentang Tekanan kelas 8 beserta pembahasannya

Tag:

rumus tekanan
satuan tekanan
tekanan hidrostatis
satuan tekanan udara
satuan tekanan dalam si adalah
tekanan zat cair
contoh tekanan zat padat
rumus tekanan hidrostatis
soal tekanan hidrostatis
soal tekanan kelas 8 dan pembahasannya
soal tekanan kelas 8
contoh soal tekanan zat cair
soal tekanan zat padat
contoh soal tekanan mutlak
soal tekanan kelas 8 kurikulum 2013
contoh soal tekanan brainly
Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top