Pelajaran IPA Fisika tentang BUNYI  instituteistic

Articles/pictures/videos in various disciplines such as mathematics, science and computational science. Explore advanced logical thinking, conceptual ability,  and enhance students understanding of science and mathematics, primary education, secondary education, higher education, teacher education,  and non-formal education

Bunyi adalah getaran yang merambat sebagai gelombang akustik, melalui media transmisi seperti gas, cair atau padat....................................
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Apa definisi dari bunyi? Apakah yang mempengaruhi bunyi? Apakah gelombang bunyi itu? Bagaimana cara Telinga mendeteksi bunyi? Apa saja sifat dari bunyi itu?

Apa definisi dari bunyi?

Dalam fisika, Bunyi adalah getaran yang merambat sebagai gelombang akustik, melalui media transmisi seperti gas, cair atau padat.

Dalam fisiologi dan psikologi manusia, Bunyi adalah penerimaan gelombang tersebut dan persepsinya oleh otak. Hanya gelombang akustik yang memiliki frekuensi antara sekitar 20 Hz dan 20 kHz, rentang frekuensi audio, yang menimbulkan persepsi pendengaran pada manusia. Di udara pada tekanan atmosfer, ini mewakili gelombang Bunyi dengan panjang gelombang 17 meter (56 kaki) hingga 1,7 sentimeter (0,67 inci). Gelombang Bunyi di atas 20 kHz dikenal sebagai ultrasound dan tidak terdengar oleh manusia. Gelombang Bunyi di bawah 20 Hz dikenal sebagai infrasonik. Spesies hewan yang berbeda memiliki rentang pendengaran yang berbeda.

Bunyi dapat merambat melalui suatu medium seperti udara, air dan padatan sebagai gelombang longitudinal dan juga sebagai gelombang transversal pada padatan. Gelombang Bunyi dihasilkan oleh sumber Bunyi, seperti diafragma bergetar dari speaker stereo. Sumber Bunyi menciptakan getaran di media sekitarnya. Ketika sumber terus menggetarkan medium, getaran merambat menjauh dari sumber dengan kecepatan Bunyi, sehingga membentuk gelombang Bunyi. Pada jarak tetap dari sumber, tekanan, kecepatan, dan perpindahan media bervariasi dalam waktu. Pada suatu saat, tekanan, kecepatan, dan perpindahan bervariasi dalam ruang. Perhatikan bahwa partikel medium tidak bergerak dengan gelombang Bunyi. Ini secara intuitif jelas untuk padatan, dan hal yang sama berlaku untuk cairan dan gas (yaitu, getaran partikel dalam gas atau cairan mengangkut getaran, sedangkan posisi rata-rata partikel dari waktu ke waktu tidak berubah). Selama perambatan, gelombang dapat dipantulkan, dibiaskan, atau dilemahkan oleh medium.

Bunyi adalah getaran atau gangguan yang merambat melalui media apa pun dengan mentransfer energi dari satu partikel ke partikel lain dan dapat didengar ketika mencapai telinga seseorang atau hewan.

Misalnya ketika sebuah benda bergetar, ia mentransfer energinya ke partikel di sekitarnya dan membuatnya bergetar. Partikel-partikel ini kembali bertabrakan dengan partikel lain membuatnya bergetar dengan mentransfer energi dan seterusnya. demikian juga getaran ditransfer dari satu partikel ke partikel lain melalui media apa pun. Bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa karena ruang hampa tidak mengandung partikel yang bertindak sebagai medium. Bunyi hanya merambat melalui medium seperti air, udara, dan benda padat. Bunyi ditransmisikan melalui udara dan cairan sebagai gelombang longitudinal tetapi melalui padatan ditransmisikan sebagai gelombang longitudinal dan transversal.

Apa saja yang mempengaruhi perambatan bunyi?

Perilaku perambatan bunyi umumnya dipengaruhi oleh tiga hal:

  1. Hubungan yang kompleks antara kerapatan dan tekanan medium. Hubungan ini, dipengaruhi oleh suhu, menentukan kecepatan Bunyi dalam medium.
  2. Gerak medium itu sendiri. Jika medium bergerak, gerakan ini dapat menambah atau mengurangi kecepatan absolut gelombang Bunyi tergantung pada arah gerakannya. Misalnya, Bunyi yang bergerak melalui angin akan memiliki kecepatan rambat yang meningkat dengan kecepatan angin jika Bunyi dan angin bergerak dalam arah yang sama. Jika Bunyi dan angin bergerak dalam arah yang berlawanan, kecepatan gelombang Bunyi akan berkurang dengan kecepatan angin.
  3. Viskositas medium. Viskositas sedang menentukan tingkat di mana Bunyi dilemahkan. Untuk banyak media, seperti udara atau air, redaman karena viskositas dapat diabaikan.

Ketika Bunyi bergerak melalui media yang tidak memiliki sifat fisik konstan, itu mungkin dibiaskan (baik tersebar atau terfokus).

Getaran mekanis yang dapat diartikan sebagai Bunyi dapat merambat melalui semua bentuk materi: gas, cairan, padatan, dan plasma. Benda yang mendukung bunyi disebut medium. Bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa

Apakah Gelombang bunyi itu?

Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal. Mereka menyebabkan partikel bergetar sejajar dengan arah perjalanan gelombang. Getaran dapat merambat melalui benda padat, cair atau gas. Kecepatan Bunyi tergantung pada medium yang dilaluinya. Saat bepergian melalui udara, kecepatan Bunyi sekitar 330 meter per detik (m/s). Bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa karena tidak ada partikel yang membawa getaran.

Bagaimana telinga manusia mendeteksi bunyi? 

Gelombang Bunyi memasuki saluran telinga dan menyebabkan gendang telinga bergetar. Tiga tulang kecil mengirimkan getaran ini ke koklea. Ini menghasilkan sinyal listrik yang melewati saraf pendengaran ke otak, di mana mereka ditafsirkan sebagai Bunyi.

Apa saja Sifat gelombang bunyi?

  1. Frekuensi
  2. Jangka waktu
  3. Amplitudo
  4. Panjang gelombang

Apa saja definisi dari ke-empat sifat gelombang bunyi itu?

Frekuensi

Banyaknya getaran partikel medium per sekon disebut frekuensi gelombang bunyi.

Misalnya jika sebuah partikel medium mengalami 200 getaran dalam satu detik maka frekuensi gelombang Bunyi adalah 200 getaran per detik. Satuan SI untuk frekuensi adalah hertz.

Frekuensi gelombang Bunyi tetap konstan di seluruh medium. Jika sebuah partikel medium bergetar dengan frekuensi 200 getaran per sekon. Ketika partikel ini bertabrakan dengan partikel berikutnya, ia mentransfer energinya ke partikel berikutnya yang menyebabkannya bergetar dengan frekuensi yang sama, Demikian pula getaran ditransfer dari satu partikel ke partikel lain dan frekuensi gelombang Bunyi tetap konstan.

Jangka waktu

Waktu yang dibutuhkan partikel medium untuk melakukan satu getaran atau osilasi disebut periode waktu gelombang bunyi. Satuan SI untuk periode waktu adalah sekon. Periode waktu berbanding terbalik dengan frekuensi.

Amplitudo

Perpindahan maksimum getaran partikel medium dari posisi kesetimbangannya disebut sebagai amplitudo gelombang Bunyi.

Amplitudo gelombang Bunyi memberikan gambaran tentang kenyaringan. Jika amplitudo gelombang Bunyi tinggi, maka kenyaringannya juga tinggi, demikian pula jika amplitudo gelombang Bunyi lebih kecil, maka kenyaringannya juga lebih kecil.

Panjang gelombang

Jarak yang ditempuh oleh Bunyi selama satu getaran partikel medium disebut panjang gelombang gelombang Bunyi.

Bunyi dihasilkan ketika sesuatu bergetar. Tubuh yang bergetar menyebabkan medium (air, udara, dll.) di sekitarnya bergetar. Getaran di udara disebut gelombang longitudinal yang dapat kita dengar. Gelombang Bunyi terdiri dari area tekanan tinggi dan rendah yang disebut kompresi dan refraksi. 

Panjang gelombang Bunyi sekitar satu meter. Panjang gelombang dan kecepatan gelombang menentukan nada, atau frekuensi Bunyi. Panjang gelombang, frekuensi, dan kecepatan dihubungkan dengan persamaan kecepatan = frekuensi * panjang gelombang. Karena Bunyi merambat dengan kecepatan 343 meter per detik pada suhu dan tekanan standar (STP), kecepatannya adalah konstan. Jadi, frekuensi ditentukan oleh kecepatan/panjang gelombang. Semakin panjang panjang gelombang, semakin rendah nadanya. 'Ketinggian' gelombang adalah amplitudonya. Amplitudo menentukan seberapa keras Bunyi akan terdengar. Amplitudo yang lebih besar berarti Bunyi akan lebih keras.

Interferensi

Ketika dua gelombang bertemu, bisa ada dua jenis pola interferensi; konstruktif dan destruktif. Inteferensi konstruktif adalah ketika dua bentuk gelombang ditambahkan bersama-sama. Puncak ditambahkan dengan puncak, dan palung ditambahkan dengan palung, menciptakan Bunyi yang lebih keras. Interferensi destruktif terjadi ketika dua gelombang berada di luar fase (puncak pada satu baris sejajar dengan palung di sisi lain). Dalam hal ini, puncak membatalkan palung, menciptakan bentuk gelombang yang berkurang. Misalnya, jika dua bentuk gelombang yang persis sama ditambahkan, amplitudonya menjadi dua kali lipat, tetapi ketika dua bentuk gelombang yang berlawanan ditambahkan, mereka membatalkan, meninggalkan keheningan.

Bunyi dapat digunakan sebagai ilustrasi akrab gelombang. Karena pendengaran adalah salah satu indera kita yang paling penting, menarik untuk melihat bagaimana sifat fisik Bunyi sesuai dengan persepsi kita tentangnya. Pendengaran adalah persepsi Bunyi, sama seperti penglihatan adalah persepsi cahaya tampak. Tapi Bunyi memiliki aplikasi penting di luar pendengaran. Ultrasound, misalnya, tidak terdengar tetapi dapat digunakan untuk membentuk citra medis dan juga digunakan dalam pengobatan.

Fenomena fisik Bunyi didefinisikan sebagai gangguan materi yang ditransmisikan dari sumbernya ke luar. Bunyi adalah gelombang. Pada skala atom, itu adalah gangguan atom yang jauh lebih teratur daripada gerakan termal mereka. Dalam banyak kasus, Bunyi adalah gelombang periodik, dan atom mengalami gerak harmonik sederhana. Dalam teks ini, kita akan mengeksplorasi gelombang Bunyi periodik tersebut.

Saat string berosilasi bolak-balik, ia mentransfer energi ke udara, sebagian besar sebagai energi panas yang diciptakan oleh turbulensi. Tetapi sebagian kecil dari energi string digunakan untuk mengompresi dan memperluas udara di sekitarnya, menciptakan tekanan lokal yang sedikit lebih tinggi dan lebih rendah. Kompresi ini (daerah bertekanan tinggi) dan rarefaction (daerah bertekanan rendah) bergerak keluar sebagai gelombang tekanan longitudinal yang memiliki frekuensi yang sama dengan string—mereka adalah gangguan yang merupakan gelombang Bunyi. (Gelombang Bunyi di udara dan sebagian besar cairan bersifat longitudinal, karena cairan hampir tidak memiliki kekuatan geser. Dalam padatan, gelombang Bunyi dapat bersifat transversal dan longitudinal.)

Amplitudo gelombang Bunyi berkurang dengan jarak dari sumbernya, karena energi gelombang tersebar di area yang lebih besar dan semakin besar. Tapi itu juga diserap oleh benda, dan diubah menjadi energi panas oleh viskositas udara. Selain itu, selama setiap kompresi sedikit perpindahan panas ke udara dan selama setiap penghalusan bahkan lebih sedikit perpindahan panas dari udara, sehingga perpindahan panas mengurangi gangguan terorganisir menjadi gerakan termal acak.

Apakah perpindahan panas dari kompresi ke penghalusan itu signifikan bergantung pada seberapa jauh jaraknya—yaitu, bergantung pada panjang gelombang. Panjang gelombang, frekuensi, amplitudo, dan kecepatan rambat penting untuk Bunyi, seperti halnya untuk semua gelombang.


Selanjutnya, kita membahas Rumus dan hitungan-hitungan dalam bentuk soal dan pembahasan

Soal-soal BUNYI Kelas 8


Tag:


sifat bunyi

apa yang dimaksud dengan bunyi

sumber bunyi berasal dari

contoh sumber bunyi

sumber bunyi

materi bunyi

getaran bunyi merambat dalam bentuk

sifat gelombang bunyi

soal tentang bunyi dan jawabannya

soal gelombang bunyi kelas 8

soal essay tentang bunyi

100 soal gelombang bunyi

soal hots tentang bunyi

soal tentang bunyi kelas 4

soal pilihan ganda tentang bunyi

soal gelombang bunyi kelas 11 pdf

Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top