Pelajaran Matematika IPA Satuan Berat dan Massa  instituteistic

Articles/pictures/videos in various disciplines such as mathematics, science and computational science. Explore advanced logical thinking, conceptual ability,  and enhance students understanding of science and mathematics, primary education, secondary education, higher education, teacher education,  and non-formal education

Satuan ukuran berat adalah gaya, yang dalam Sistem Internasional (SI) adalah newton. W = 1 kg (massa) X 1 mtr/sq sq (gaya gravitasi)

Mari kita tinjau Satuan Berat dan Massa dalam banyak aspek dan ilmu dalam skala internasional, Namun sebelum itu berikut ini adalah Soal mengenai Satuan Ukuran Berat juga termasuk jawaban dan pembahasan agar mudah untuk di mengerti dan di pelajari

Soal Satuan Ukuran Berat


Ada banyak model definisi tergantung dari disiplin ilmu dan keperluannya:

  • Dalam sains dan teknik, berat suatu benda adalah gaya yang bekerja pada benda tersebut karena gravitasi.
  • Beberapa buku teks standar, mendefinisikan berat sebagai besaran vektor, gaya gravitasi yang bekerja pada objek
  • Yang lain mendefinisikan berat sebagai besaran skalar, besarnya gaya gravitasi.
  • Ada juga yang mendefinisikannya sebagai besarnya gaya reaksi yang diberikan pada tubuh dengan mekanisme yang melawan efek gravitasi: berat adalah kuantitas yang diukur dengan, misalnya, skala pegas. Jadi, dalam keadaan jatuh bebas, beratnya akan menjadi nol. Dalam pengertian berat ini, benda-benda terestrial bisa tidak berbobot: mengabaikan hambatan udara, apel terkenal yang jatuh dari pohon, dalam perjalanannya untuk bertemu dengan tanah di dekat Isaac Newton, akan menjadi tidak berbobot.

Satuan ukuran berat adalah gaya, yang dalam Sistem Internasional (SI) adalah newton. Misalnya, sebuah benda dengan massa satu kilogram memiliki berat sekitar 9,8 newton di permukaan Bumi, dan sekitar seperenam beratnya di Bulan. Meskipun berat dan massa adalah besaran yang berbeda secara ilmiah, istilah ini sering dikacaukan satu sama lain dalam penggunaan sehari-hari (yaitu membandingkan dan mengubah berat gaya dalam pound menjadi massa dalam kilogram dan sebaliknya)

Komplikasi lebih lanjut dalam menjelaskan berbagai konsep berat berkaitan dengan teori relativitas yang menurutnya gravitasi dimodelkan sebagai konsekuensi dari kelengkungan ruang-waktu. Dalam komunitas pengajar, perdebatan yang cukup besar telah ada selama lebih dari setengah abad tentang bagaimana menentukan berat badan untuk siswa mereka. Situasi saat ini adalah bahwa beberapa set konsep hidup berdampingan dan menemukan penggunaan dalam berbagai konteks mereka.

SI Satuan Berat

Sebagian besar waktu kuantitas fisik diukur dalam satuan SI untuk mempermudah. Oleh karena itu, satuan SI untuk berat dapat diukur dalam kg⋅m/s2 (kilogram dikali meter per detik kuadrat) yang sama dengan newton (N). Karena berat adalah gaya yang diperpanjang oleh gaya gravitasi pada massa, itu diwakili oleh rumus W = m*g, di mana berat bisa kg * m/s2 yang sama dengan N.

Berikut tabel dengan satuan SI, satuan CGS, dan dimensi berat:

SI satuan N

  • Satuan dasar SI kg.m.s-2
  • Dyne CGS
  • Dimensi MLT-2

Satuan Berat Lainnya

Satuan lain yang diketahui adalah pound-force (lbf), slug, gram, dan lain-lain.

Mengonversi Satuan Berat

  • 1 gram = 0,001 kg
  • 1 mg = 0,000001 kg = 0,001 g
  • 1 sentigram = 0,00001 kg = 0,01 g
  • 1 metrik ton = 1000 kg


Satuan Massa (berat)

Sistem Pengukuran Metrik menggunakan satuan massa: gram (g), kilogram (kg) dan ton (t).

  • 1000 gram = 1 kg
  • 1000 kg = 1 ton

Menambahkan awalan Sistem Satuan Internasional (SI) memungkinkan untuk menyatakan berat sebagai kelipatan atau pecahan 1 gram:

  • 1 gigaton (Gt) =1 000 000 000 000 000 g
  • 1 megaton (Mt) =1 000 000 000 000 g
  • 1 ton (t) =1 000 000 g
  • 1 kilogram (kg) = 1.000 g
  • 1 gram (g) = 1 g
  • 1 miligram (mg) = 0,001 g
  • 1 mikrogram (µg) = 0,000 001 g
  • 1 nanogram (ng) = 0,000 000 001 g
  • 1 pikogram (hal) = 0,000 000 000 001g

Satuan berat Imperial dan AS juga dapat dinyatakan sebagai satuan metrik:

Satuan metrik

  • 1 US ton (ton) = 0,907 ton
  • 1 Inggris ton (ton) = 1,016 ton
  • 1 pon (pon) = 453.59 g
  • 1 ons (ons) = 28,35g

Satuan SI - Massa

Kilogram Prototipe Nasional AS

Kilogram (kg) didefinisikan dengan mengambil nilai numerik tetap dari konstanta Planck h menjadi 6,62607015 ×10−34 bila dinyatakan dalam satuan J s, yang sama dengan kg m2 s−1, di mana meter dan sekon adalah didefinisikan dalam hal c dan Cs.

Standar massa utama untuk negara ini adalah Prototipe Kilogram 20 Amerika Serikat, yang merupakan silinder platinum-iridium yang disimpan di NIST. Kilogram, awalnya didefinisikan sebagai massa satu desimeter kubik air pada suhu kepadatan maksimum, dikenal sebagai Kilogram Arsip. Itu digantikan setelah Konvensi Metrik Internasional pada tahun 1875 oleh Kilogram Prototipe Internasional yang menjadi satuan massa tanpa mengacu pada massa desimeter kubik air atau Kilogram Arsip. Setiap negara yang mengikuti Konvensi Metrik Internasional diberi satu atau lebih salinan standar internasional; ini dikenal sebagai Pengukur Prototipe Nasional dan Kilogram. Pelajari lebih lanjut tentang sejarah dan definisi kilogram saat ini.

Di antara satuan dasar SI, kilogram (kg) adalah satu-satunya yang nama dan simbolnya, karena alasan historis, menyertakan awalan. "Kilo" awalan SI untuk 1000 atau 103. Nama dan simbol untuk kelipatan desimal dan subkelipatan satuan massa dibentuk dengan menempelkan nama awalan pada nama satuan "gram", dan simbol awalan pada simbol satuan "g."

Apa perbedaan antara istilah "massa" dan "berat"?

Massa suatu benda adalah ukuran dari sifat inersianya atau berapa banyak materi yang dikandungnya. Berat suatu benda adalah ukuran gaya yang diberikan padanya oleh gravitasi atau gaya yang diperlukan untuk menopangnya. Gravitasi di bumi memberi benda percepatan ke bawah sekitar 9,8 m/s2. Dalam bahasa umum, berat sering digunakan sebagai sinonim untuk massa dalam berat dan ukuran. Misalnya, kata kerja "menimbang" berarti "menentukan massa" atau "memiliki massa." Penggunaan berat yang salah sebagai pengganti massa harus dihapuskan, dan istilah massa digunakan ketika massa dimaksudkan. Satuan SI untuk massa adalah kilogram (kg). Dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, berat suatu benda dalam kerangka acuan tertentu didefinisikan sebagai gaya yang memberikan percepatan pada benda tersebut sama dengan percepatan lokal jatuh bebas dalam kerangka acuan tersebut. Jadi, satuan SI dari besaran berat yang didefinisikan dengan cara ini (gaya) adalah newton (N).

Mungkin ada kebingungan tentang satuan massa dan berat yang digunakan dalam pengukuran ilmiah, serta kehidupan sehari-hari. Misalnya, adalah umum untuk menyebut kilogram dan pound sebagai berat. Namun, dalam istilah teknis keduanya sebenarnya adalah satuan massa.

Definisi SI atau sistem metrik menyatakan bahwa kilogram adalah satuan massa dan newton sebagai satuan gaya atau berat. Juga, dalam standar Inggris atau Amerika, pound avoirdupois adalah satuan massa, sedangkan pound juga dapat digunakan sebagai berat.

Sebagai mahasiswa sains, perlu memastikan bahwa dalam memahami definisi yang digunakan untuk massa dan berat, terutama saat mengonversi antar sistem.

Pertanyaan yang mungkin para mahasiswa perlukan termasuk:

  • Apa kebingungan dengan kilogram?
  • Apa kebingungan dengan pound?
  • Bagaimana dengan mengkonversi antar sistem?

Kebingungan tentang kilogram

Kilogram didefinisikan sebagai SI atau satuan metrik massa. Sayangnya, banyak orang—dan bahkan beberapa buku teks—menyatakan berat badan dalam satuan kilogram. Ini dapat menyebabkan kebingungan ketika mencoba membuat perhitungan ilmiah.

Satuan metrik resmi untuk gaya adalah newton (N), yang merupakan gaya yang dibutuhkan untuk mempercepat 1 kg-massa menjadi 1 meter/detik kuadrat. Berat adalah gaya yang dihasilkan ketika suatu massa dipercepat oleh gravitasi, seperti yang dinyatakan dalam newton.

Namun, kebanyakan orang tidak menggunakan newton untuk berat dalam pengukuran sehari-hari. Ketika mereka mengatakan "suatu benda memiliki berat satu kilogram", yang mereka maksud sebenarnya adalah gaya kilogram (kg-f), yaitu sekitar 9,8 kali massa kilogram.

Meskipun tidak nyaman, dalam karya ilmiah biasanya harus mengacu pada objek sebagai kilogram-massa (kg) dan kilogram-berat (kg-f) sebagai pendekatan yang paling aman.

Perhatikan bahwa menetapkan kilogram-massa sebagai kg-m dapat mengakibatkan kebingungan dengan kg-meter.

Hubungan berat-massa

Hubungan antara berat suatu benda dan massanya dalam sistem metrik adalah:

W = mg

di mana

  • W adalah berat dalam newton (N) atau kilogram-gaya (kg-f)
  • m adalah massa dalam kilogram (kg)
  • g adalah percepatan gravitasi; di Bumi, g = 9,8 m/s2

Jadi, jika sebuah benda memiliki massa 50 kg, beratnya adalah 490 N atau gaya 490 kg:

W = mg

490 kg-f = (50 kg)*(9,8 meter/s2)

Kebingungan tentang pound

Pound avoirdupois (lb) secara hukum didefinisikan sebagai ukuran massa dalam sistem pengukuran Kerajaan Inggris, serta sistem satuan Amerika Serikat.

Namun, dalam penggunaan umum, orang sering menyatakan berat badan dalam bentuk pound. Juga, beberapa buku teks Fisika mengatakan bahwa pon adalah satuan berat atau gaya, seperti dalam kaki-pon untuk torsi.

Hal ini dapat mengakibatkan kebingungan saat membuat perhitungan. Menyebut massa objek sebagai massa pon dapat mengurangi kebingungan itu.

Hubungan berat-massa

Hubungan antara berat suatu benda dan massanya dalam sistem Inggris/Amerika adalah:

W = mg

di mana

  • W adalah berat dalam pound-force (lb-f)
  • m adalah massa dalam pound-massa (lb)
  • g adalah percepatan gravitasi; di bumi, g = 32 ft/s2.

Jadi, jika sebuah benda memiliki berat 64 pon, massanya adalah 2 pon-massa:

W = mg

64 lb-f = (2 lb)*(32 ft/s2)

Konversi antar sistem

Saat mengonversi antara sistem Inggris/Amerika dan sistem metrik, kitaharus berhati-hati dengan definisi berat dan massa mana yang digunakan untuk konversi.

Satu kilogram-force adalah sekitar 2,2 pound-force

Pound avoirdupois internasional didefinisikan sebagai sekitar 0,45 kilogram massa 

Satuan standar massa dalam sistem metrik dalam gram. Untuk menimbang benda yang lebih ringan seperti biskuit, popcorn, dll, kami menggunakan gram. Untuk mengukur berat lebih kecil dari 1 gram seperti obat-obatan, kita bisa menggunakan miligram (mg). 1 miligram sama dengan seperseribu gram.

  • 1000 miligram (mg) = 1 gram (g)
  • 1000 gram (g) = 1 kilogram (kg)

Kita bisa menggunakan satuan massa atau berat lain untuk mengukur massa atau berat bahan dengan mudah.

  • 1/2 dari 1 kg = 500 gram atau 2 x 500 gram = 1 kg
  • 1/4 dari 1 kg = 250 gram atau 4 x 250 gram = 1 kg
  • 1/5 dari 1 kg = 200 gram atau 5 x 200 gram = 1 kg
  • 1/10 dari 1 kg = 100 gram atau 10 x 100 gram = 1 kg
  • 1/20 dari 1 kg = 50 gram atau 20 x 50 gram = 1 kg

Jadi, 1 kg, 500 g, 250 g, 200 g, 100 g, 50 g, dll. adalah satuan yang berbeda untuk mengukur massa atau berat.

Ada juga satuan berat untuk mengukur 5 kg, 10 kg, 20 kg, 50 kg dan 100 kg massa.

  • berat 100kg disebut satu kuintal berat.
  • 10 kuintal berat dikenal sebagai satu metrik ton.
  • Jadi 1 kuintal = 100 kg dan 100 kg = 1 kuintal.
  • 1 metrik ton = 10 kuintal = 10 x 100 kg = 1000 kg

Kita dapat mengatakan ada tiga satuan utama massa. Untuk menimbang barang berat, kami menggunakan satuan metrik ton (1000 kg) atau kuintal (100 kg) dan untuk menimbang barang yang umum kami gunakan, kami menggunakan kilogram dan gram. Jadi benda yang sangat berat ditimbang dalam kuintal dan metrik ton, benda berat ditimbang dalam kilogram dan benda ringan ditimbang dalam gram. Kami menggunakan bobot 500g, 250g, 200g, 100g, 50g, 25g, dll.

satuan berat metrik

sistem metrik - sistem desimal berat dan ukuran berdasarkan meter dan kilogram dan detik

satuan metrik, metrik - satuan desimal pengukuran sistem metrik (berdasarkan meter dan kilogram dan detik); "konversi semua pengukuran ke satuan metrik"; "lebih mudah bekerja dalam metrik"

1. Satuan massa - satuan pengukuran massa

  • mcg, mikrogram - sepersejuta (1/1.000.000) gram
  • mg, miligram - seperseribu (1/1.000) gram
  • nanogram, ng - satu miliar (1/1.000.000.000) gram
  • butir metrik, butir - satuan berat yang digunakan untuk mutiara atau berlian: 50 mg atau 1/4 karat
  • desigram, dg - 1/10 gram
  • karat - satuan berat untuk batu mulia = 200 mg
  • g, gm, gram, gram - satuan metrik berat yang sama dengan seperseribu kilogram
  • gram atom, berat gram-atom - jumlah unsur yang beratnya dalam gram secara numerik sama dengan berat atom unsur
  • gram molekul, mol, mol - berat molekul zat yang dinyatakan dalam gram; unit dasar jumlah zat yang diadopsi di bawah Systeme International d'Unites
  • dag, dekagram, dekagram, dkg - 10 gram
  • hektogram, hg - 100 gram
  • kg, kilo, kilogram - seribu gram; satuan dasar massa yang diadopsi di bawah Systeme International d'Unites; "satu kilogram kira-kira 2,2 pon"
  • myg, myriagram - sepersepuluh ribu sen
  • centner - di beberapa negara Eropa: satuan berat yang setara dengan 50 kilogram
  • centner, doppelzentner, seratus berat, metrik seratus berat - satuan berat yang sama dengan 100 kilogram
  • kuintal - satuan berat yang sama dengan 100 kilogram
  • metrik ton, ton, MT, t - satuan berat yang setara dengan 1000 kilogram
  • 10 miligram (mg) = 1 centigram (cg)
  • 10 centigram = 1 desigram (dg) = 100 miligram
  • 10 desigram = 1 gram (g)
  • 10 desigram = 1000 miligram
  • 10 gram = 1 dekagram (dag)
  • 10 dekagram = 1 hektogram (hg)
  • 10 dekagram = 100 gram
  • 10 hektogram = 1 kilogram (kg)
  • 10 hektogram = 1000 gram
  • 1000 kilogram = 1 megagram (Mg) atau 1 metrik ton (t)

2. Satuan berat - satuan yang digunakan untuk mengukur berat; "dia meletakkan dua beban di panci timbangan"

berat

  • unit, unit pengukuran - setiap pembagian kuantitas yang diterima sebagai standar pengukuran atau pertukaran; "dolar adalah unit mata uang Amerika Serikat"; "satu unit gandum adalah gantang"; "perubahan per satuan volume"
  • unit troy - salah satu unit sistem bobot troy
  • unit apoteker, berat apoteker - setiap unit berat yang digunakan di apotek; satu ons sama dengan 480 butir dan satu pon sama dengan 12 ons
  • arroba - satuan berat yang digunakan di beberapa negara berbahasa Spanyol
  • cattie, catty - salah satu dari berbagai satuan berat yang digunakan di Asia Tenggara (terutama ukuran Cina yang setara dengan 500 gram)
  • crith - berat satu liter hidrogen (pada 0 celcius dan tekanan 760 milimeter)
  • frail - berat frail (keranjang) penuh kismis atau buah ara; antara 50 dan 75 pon
  • terakhir - satuan berat sama dengan 4.000 pound
  • maund - satuan berat yang digunakan di Asia; memiliki nilai yang berbeda di negara yang berbeda; " maund resmi di India adalah 82,6 pound avoirdupois "
  • obolus - satuan berat Yunani yang sama dengan sepersepuluh gram
  • oka - satuan berat Turki yang setara dengan sekitar 2,75 pon
  • picul - satuan berat yang digunakan di beberapa bagian Asia; kira-kira sama dengan 133 pon (beban yang dapat dibawa oleh pria dewasa)
  • pood - satuan berat Rusia yang setara dengan sekitar 36 pon
  • rotl - satuan berat yang digunakan di beberapa negara Muslim dekat Mediterania; bervariasi antara satu dan lima pon
  • tael - satuan berat yang digunakan di Asia Timur kira-kira sama dengan 1,3 ons
  • tod - satuan berat untuk wol sama dengan sekitar 28 pon
  • kelas welter - berat 28 pon; kadang-kadang dikenakan sebagai cacat dalam pacuan kuda (seperti pacuan kuda)

Berat satuan adalah salah satu dari sejumlah istilah fisika dasar terkait yang membuat beberapa siswa kebingungan. Juga disebut berat jenis, berat satuan berada dalam keluarga istilah yang, secara longgar, mendefinisikan dan menghubungkan ukuran (volume), jumlah (massa), konsentrasi (kepadatan) dan gaya. (berat), bersama dengan berat jenis

Sebagian besar kebingungan tentang istilah mana yang paling cocok untuk situasi fisik tertentu berasal dari persamaan massa dan berat yang umum dan salah, poin yang dibahas nanti dalam artikel ini secara rinci.

Berat adalah produk massa, kuantitas yang hanya menggambarkan berapa banyak "barang" atom dan molekul yang ada, dan percepatan gravitasi, yang memiliki satuan m/s2.

Berat Satuan Ditentukan

Berat satuan, biasanya diberi huruf Yunani gamma (γ) hanya berat W per satuan volume V dari bahan di mana materi, atau massa m diasumsikan terdistribusi secara merata. Artinya, kerapatan – didefinisikan sebagai massa dibagi volume, diwakili oleh huruf Yunani rho (ρ) – pada setiap titik yang dipilih secara acak di dalam material mewakili kerapatan seluruh sampel dengan ketelitian tinggi.

Mengapa Bukan Kepadatan Saja?

Di permukaan, sulit untuk melihat mengapa berat satuan diperlukan, karena tampaknya hanya mengambil kerapatan dan mengalikannya dengan gravitasi. Tetapi ini berguna karena beberapa alasan. Untuk satu hal, meskipun nilai g biasanya diperlakukan sebagai konstanta untuk masalah Bumi, pada kenyataannya nilainya menurun dengan meningkatnya jarak dari Bumi, meskipun sangat lambat.

Juga, beberapa produk yang dijual berdasarkan berat unit tidak selalu memiliki kepadatan yang sama. Pengiriman yang berbeda dari jenis beton yang sama mungkin lebih atau kurang padat karena pengendapan isi selama transportasi atau perbedaan tekanan hasil. Bagaimanapun, ketika tingkat presisi bedah yang lebih diperlukan yang hanya kepadatan, berat unit bisa berguna.

Kita mungkin bertanya-tanya sekarang mengapa ada satuan terpisah untuk massa (kg) dan berat (N) dalam sistem metrik pound (pon, atau lb), sedangkan dalam sistem imperial atau "tradisional", gagasan massa tampaknya memiliki telah ditelan dalam definisi satu pon, yang secara teori merupakan satuan berat.

Kita mungkin pernah diberi tahu bahwa 2,204 lb sama dengan 1 kilogram atau bahwa 1 pon sama dengan 0,454 kg, tetapi ini sebenarnya berarti bahwa gaya sebesar 2,204 lb dihasilkan dari massa benda itu dikalikan nilai gravitasi lokal di beberapa unit atau lainnya.

Satuan yang disebut siput, sama dengan 32,17 "massa-pon" atau 14,6 kg, dapat digunakan untuk mengkonversi antara pound dalam arti (gaya) biasa dan pound dalam arti massa, tetapi untuk sebagian besar lebih baik untuk menghindari masalah dan tetap menggunakan sistem metrik.

Kita mungkin sering menjumpai orang yang menggunakan istilah 'berat' dan 'massa' secara bergantian. Namun, kedua istilah ini memiliki perbedaan mendasar dalam pengertiannya secara ilmiah. Secara sederhana, massa mengacu pada jumlah materi yang dimiliki suatu benda.

Di sisi lain, berat menyiratkan gaya yang digunakan benda untuk bergerak menuju permukaan bumi. Ini menunjukkan bahwa berat berbeda untuk suatu objek sesuai dengan perubahan dalam tarikan gravitasi.

Misalnya, massa astronot tetap sama di bumi dan bulan. Namun, tarikan gravitasi di bulan 6 kali lebih kecil daripada di Bumi. Akibatnya, seorang astronot akan memiliki berat 6 kali lebih sedikit di bulan daripada di Bumi.

Sekarang setelah mengetahui apa itu satuan berat, ikuti topik terkait untuk memahami konsep ini dengan lebih baik. Anda juga dapat mengunduh aplikasi Vedantu kami untuk mengalami pembelajaran online yang dipersonalisasi bersama dengan sesi yang sangat interaktif.

Jika kita berpikir dalam arti praktis, maka berat mewakili seberapa berat atau ringan suatu benda, tidak relevan dengan ukuran dan bentuknya. Mengidentifikasi apakah benda itu berat atau ringan juga bisa dibilang pekerjaan yang mudah. Namun, ketika menghitung berat yang tepat dari suatu benda, referensi praktis tentang ringan dan berat menjadi tidak dapat diterima.

Misalnya, 1 kg kapas mungkin tampak jauh lebih ringan daripada 1 kg batu padat. Di sinilah kebingungan muncul lebih jauh. Nilai numerik suatu benda, jika dihitung berdasarkan prinsip Satuan berat, dapat memiliki interpretasi yang berbeda.

Penerapan Satuan Pengukuran Berat dan Massa

Satuan Pengukuran umumnya didasarkan pada 4 jenis sistem yang paling umum digunakan.

  • Sistem CGS – Juga dikenal sebagai sistem Centimeter, gram, dan second
  • Sistem MKS – Juga dikenal sebagai Meter, kilogram, dan sistem kedua
  • Sistem FPS – Juga dikenal sebagai sistem Kaki, Pound, dan Kedua
  • Sistem Satuan SI – Juga dikenal sebagai sistem Satuan Internasional

Pada tahun 1956, Sistem satuan SI adalah satuan pengukuran standar yang paling banyak digunakan dan diakui. Ini terdiri dari tujuh unit dasar Pengukuran. Yaitu -

  1. meter (m) untuk Jarak
  2. kilogram (kg) untuk Massa
  3. Detik (s) untuk waktu
  4. Kelvin (K) untuk Suhu
  5. Ampere (A) untuk Arus Listrik
  6. Mol (mol) untuk Jumlah zat
  7. Candela (cd) untuk Intensitas Cahaya

Memahami Berat

Berat dapat didefinisikan sebagai gaya di mana medan gravitasi menarik suatu benda ke permukaan bumi.

Kita semua tahu bahwa pusat gravitasi memiliki gaya tertentu yang menarik semua benda ke arahnya. Satuan berat adalah representasi numerik dari berapa banyak gaya yang diperlukan untuk memaksa suatu benda mencapai permukaan bumi.

Satuan SI untuk Berat

Misalkan Anda memiliki sepotong kayu yang memiliki massa yang telah dihitung sebelumnya 1 kg dan jatuh ke tanah dengan gaya gravitasi 1 meter per detik kuadrat.

Seperti yang kita ketahui bahwa berat sama dengan produk massa dan gravitasi, jadi dalam kasus ini

W = 1 kg (massa) X 1 mtr/sq sq (gaya gravitasi)

Jadi berat kayu tersebut adalah 1 kg/mt/sq.

Dalam versi yang disederhanakan, satuan SI untuk berat kg/mt/sq. disebut Newton (N), sehubungan dengan ilmuwan yang menemukannya.

Satuan Berat Alternatif

Satuan Dimensi Berat – Satuan Dimensi Berat dihitung sebagai produk massa, jarak, dan waktu.

Jadi Satuan Dimensi berat (W) = Massa (M) X Jarak (L) X Waktu (t sq)

2. Satuan Berat CGS – Dilambangkan dengan istilah ilmiah Dyne, yang tersirat dalam produk sentimeter gram dan detik. Jadi representasi numeriknya adalah 1 gram cm sekon persegi.

Newton dibagi 10.000 sama dengan 1 Dyne

Satuan Dasar Berat – Satuan berat ini memiliki nilai yang sama dengan satuan berat SI.

Berbagai satuan berat lainnya juga digunakan termasuk gram, slug, pound-force, dll.

Konversi Metrik Satuan Berat

Gram adalah salah satu satuan berat yang diterima secara universal. Konversi gram ke kilogram didasarkan pada denominasi standar seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • 1 gram = 0,001 kg
  • 1 mg = 0,000001 kg = 0,001 g
  • Selanjutnya, 1 centigram = 0,00001 kg = 0,01 g
  • 1 metrik ton = 1000 kg


pengertian massa

Massa didefinisikan sebagai ukuran materi di dalam suatu benda. Massa dan berat memiliki nilai yang berbeda, tetapi mereka sering disalahartikan sebagai sama. Ini disebut pengukuran kuantitatif inersia

Tidak seperti berat, massa memiliki nilai konstan yang tidak terpengaruh oleh perubahan gravitasi. Ini diwakili dalam bentuk kilogram atau gram. Oleh karena itu jika sebuah benda bermassa 70 kg di planet bumi, ia akan tetap sama bahkan di bulan, terlepas dari ada atau tidak adanya tarikan Gravitasi.

Hubungan antara Massa dan Berat

Berdasarkan hukum 2 Newton gaya Gravitasi (F) sama dengan hasil kali massa (M) dan laju percepatan (A)

F = MA

Bahkan jika massa tetap tidak berubah, berat berubah berdasarkan perubahan gravitasi. Oleh karena itu berat seseorang di bumi dan di permukaan bulan akan sangat bervariasi.

Daftar unit berat dan massa untuk konversi

kilogram [kg]

  • 1 gram [g] = 0,001 kilogram [kg]
  • 1 miligram [mg] = 1,0E-6 kilogram [kg]
  • 1 ton (metrik) [t] = 1000 kilogram [kg]
  • 1 pon [lbs] = 0,45359237 kilogram [kg]
  • 1 ons [oz] = 0,0283495231 kilogram [kg]
  • 1 karat [mobil, ct] = 0,0002 kilogram [kg]
  • 1 ton (pendek) [ton (AS)] = 907.18474 kilogram [kg]
  • 1 ton (panjang) [ton (Inggris Raya)] = 1016,0469088 kilogram [kg]
  • 1 Satuan massa atom [u] = 1.6605402E-27 kilogram [kg]
  • 1 exagram [Misalnya] = 1,0E+15 kilogram [kg]
  • 1 petagram [Pg] = 10000000000000 kilogram [kg]
  • 1 teragram [Tg] = 1000000000 kilogram [kg]
  • 1 gigagram [Gg] = 1000000 kilogram [kg]
  • 1 megagram [Mg] = 1000 kilogram [kg]
  • 1 hektogram [hg] = 0,1 kilogram [kg]
  • 1 dekagram [dag] = 0,01 kilogram [kg]
  • 1 desigram [dg] = 0,0001 kilogram [kg]
  • 1 centigram [cg] = 1,0E-5 kilogram [kg]
  • 1 mikrogram [µg] = 1,0E-9 kilogram [kg]
  • 1 nanogram [ng] = 1,0E-12 kilogram [kg]
  • 1 pikogram [hal] = 1,0E-15 kilogram [kg]
  • 1 femtogram [fg] = 1,0E-18 kilogram [kg]
  • 1 attogram [ag] = 1,0E-21 kilogram [kg]
  • 1 dalton = 1.6605300000013E-27 kilogram [kg]
  • 1 kilogram-force square second/meter = 9,80665 kilogram [kg]
  • 1 kilopon [kip] = 453.59237 kilogram [kg]
  • 1 kip = 453.59237 kilogram [kg]
  • 1 siput = 14.5939029372 kilogram [kg]
  • 1 pound-force square second/kaki = 14.5939029372 kilogram [kg]
  • 1 pon (troy atau apoteker) = 0,3732417216 kilogram [kg]
  • 1 pon [pdl] = 0,0140867196 kilogram [kg]
  • 1 ton (pengujian) (AS) [AT (AS)] = 0,02916667 kilogram [kg]
  • 1 ton (pengujian) (UK) [AT (UK)] = 0,0326666667 kilogram [kg]
  • 1 kiloton (metrik) [kt] = 1000000 kilogram [kg]
  • 1 kuintal (metrik) [cwt] = 100 kilogram [kg]
  • 1 berat ratus (AS) = 45,359237 kilogram [kg]
  • 1 berat ratus (Inggris) = 50,80234544 kilogram [kg]
  • 1 kuartal (AS) [qr (AS)] = 11.33980925 kilogram [kg]
  • 1 kuartal (Inggris Raya) [qr (Inggris Raya)] = 12.70058636 kilogram [kg]
  • 1 batu (AS) = 5,669904625 kilogram [kg]
  • 1 batu (Inggris) = 6.35029318 kilogram [kg]
  • 1 ton [t] = 1000 kilogram [kg]
  • 1 pennyweight [pwt] = 0,0015551738 kilogram [kg]
  • 1 keberatan (apoteker) [s.ap] = 0,0012959782 kilogram [kg]
  • 1 butir [gr] = 6.47989E-5 kilogram [kg]
  • biji-bijian ke kilogram, kilogram ke biji-bijian
  • 1 gamma = 1,0E-9 kilogram [kg]
  • 1 Massa Planck = 2.17671E-8 kilogram [kg]
  • 1 Massa elektron (diam) = 9.1093897E-31 kilogram [kg]
  • Massa 1 Muon = 1,8835327E-28 kilogram [kg]
  • 1 Massa proton = 1,6726231E-27 kilogram [kg]
  • 1 Massa neutron = 1,6749286E-27 kilogram [kg]
  • 1 Massa Deuteron = 3,343586E-27 kilogram [kg]
  • 1 Massa bumi = 5.9760000000002E+24 kilogram [kg]
  • 1 Massa matahari = 2.0E+30 kilogram [kg]
Tag:

satuan berat paling kecil
satuan berat lengkap
satuan berat si
satuan berat w
satuan berat massa
contoh satuan berat
satuan berat fisika
satuan berat tts
satuan berat lengkap
contoh satuan berat
satuan berat paling kecil
satuan berat massa
satuan berat baku
satuan panjang
contoh soal satuan berat
konversi satuan berat
soal satuan berat kelas 4 sd
contoh soal satuan berat untuk kelas 3 sd
soal satuan berat kelas 5
contoh soal satuan berat kelas 6
contoh soal cerita satuan berat dan jawabannya
soal satuan berat kelas 3 sd pilihan ganda
soal satuan berat kelas 2 sd
soal satuan berat kelas 4 beserta jawabannya
soal satuan berat kelas 4 sd
soal satuan berat kelas 2 sd
contoh soal satuan berat untuk kelas 3 sd
soal cerita satuan berat kelas 2 sd
contoh satuan berat
soal satuan berat kelas 4 beserta jawabannya
soal cerita satuan berat kelas 3 sd
soal satuan berat kelas 3 sd dan kunci jawaban
contoh satuan massa
tangga satuan massa
satuan massa si
alat ukur massa
satuan massa jenis
satuan massa kelas 3 sd
lambang satuan massa
satuan massa dan berat
satuan berat massa
tangga satuan massa
satuan massa jenis
contoh satuan massa
satuan suhu
alat ukur massa
satuan untuk mengukur massa yang digunakan dalam sistem internasional adalah
satuan waktu secara internasional adalah
contoh soal satuan massa
contoh soal satuan berat
tangga satuan massa
contoh soal cerita satuan berat dan jawabannya
konversi satuan massa
contoh soal satuan berat kelas 2 sd
contoh soal dan jawaban konversi satuan massa
contoh soal satuan berat kelas 4 sd
contoh soal dan jawaban konversi satuan massa
contoh satuan massa
tabel satuan massa
tangga satuan massa
contoh soal satuan internasional
tabel konversi satuan panjang
contoh soal konversi satuan waktu
konversi massa

Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top