Pelajaran Matematika IPA Satuan Ukuran Waktu  instituteistic

Articles/pictures/videos in various disciplines such as mathematics, science and computational science. Explore advanced logical thinking, conceptual ability,  and enhance students understanding of science and mathematics, primary education, secondary education, higher education, teacher education,  and non-formal education

Satuan ukuran waktu adalah interval waktu tertentu, yang digunakan sebagai cara standar untuk mengukur atau menyatakan durasi.

Pada gambar utama diatas adalah Satuan Ukuran Waktu pada umumnya, disini kita akan pelajari lebih banyak mengenai Satuan Ukuran Waktu


Satuan ukuran waktu atau satuan tengah adalah interval waktu tertentu, yang digunakan sebagai cara standar untuk mengukur atau menyatakan durasi. Satuan dasar waktu dalam Sistem Satuan Internasional (SI) dan dengan perluasan sebagian besar dunia Barat, adalah yang kedua, yang didefinisikan sebagai sekitar 9 miliar osilasi atom cesium.

Waktu didefinisikan sebagai kemajuan berkelanjutan dari keberadaan di masa lalu, sekarang dan masa depan. Menggunakan satuan ukuran waktu seseorang dapat mengukur keberadaan peristiwa.

Satuan ukuran waktu SI adalah detik, yang selanjutnya secara akurat didefinisikan sebagai “interval waktu yang sama dengan 9192631770 periode radiasi yang sesuai dengan transisi antara dua tingkat hyperfine dari keadaan dasar atom cesium-133 (CGPM ke-13, 1967). Bagaimanapun, satuan detik sering direpresentasikan sebagai s (second)  atau detik.

Beberapa unit umum dan banyak digunakan termasuk menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun. Jika kita mempertimbangkan jangka waktu yang lama, kelipatan tahun juga digunakan untuk menandai jangka waktu tertentu. Bisa jadi, satu dekade sama dengan 10 tahun, satu abad sama dengan 100 tahun, satu milenium sama dengan 1.000 tahun, dan mega-ANNUMsama dengan 1.000.000 tahun.


Berikut ini adalah link Soal tentang Satuan Ukuran Waktu juga termasuk jawaban dan pembahasan agar mempermudah untuk dipelajari

Soal Satuan Ukuran Waktu


Mari kita "ngelantur" lebih jauh tapi tetap membahas mengenai Satuan Ukuran Waktu

Satuan ukuran waktu adalah interval waktu tertentu, yang digunakan sebagai cara standar untuk mengukur atau menyatakan durasi. Satuan dasar waktu dalam Sistem Satuan Internasional (SI) dan dengan perluasan sebagian besar dunia Barat, adalah yang kedua, yang didefinisikan sebagai sekitar 9 miliar osilasi atom cesium. Definisi modern yang tepat, dari Institut Nasional Standar dan Teknologi adalah: "Yang kedua, simbol s, adalah satuan ukuran waktu SI. Ini didefinisikan dengan mengambil nilai numerik tetap dari frekuensi sesium ΔνCs, keadaan dasar hyperfine yang tidak terganggu frekuensi transisi atom cesium 133, menjadi 9192631770 jika dinyatakan dalam satuan Hz, yang sama dengan s−1.". (struktur hyperfine didefinisikan oleh pergeseran kecil di tingkat energi yang sebaliknya merosot dan pemisahan yang dihasilkan dalam tingkat energi atom, molekul, dan ion, karena interaksi antara nukleus dan awan elektron.)

Secara historis, banyak unit waktu ditentukan oleh pergerakan objek astronomi.

Berbasis Matahari: tahun adalah waktu bagi Bumi untuk berputar mengelilingi Matahari. Unit berbasis tahun sejarah meliputi Olympiad (empat tahun), lustrum (lima tahun), indiction (15 tahun), dekade, abad, dan milenium.

Berbasis bulan: bulan didasarkan pada periode orbit Bulan mengelilingi Bumi.

Berbasis Bumi: waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berputar pada porosnya sendiri, seperti yang diamati pada jam matahari [rujukan?]. Satuan yang awalnya diturunkan dari basis ini termasuk minggu (tujuh hari), dan dua minggu (14 hari). Subdivisi hari termasuk jam (1/24 hari), yang selanjutnya dibagi lagi menjadi menit dan akhirnya detik. Yang kedua menjadi satuan standar internasional (SI unit) untuk ilmu pengetahuan.

Berbasis bola langit (Celestial sphere-based): seperti dalam waktu sidereal (adalah sistem ketepatan waktu yang digunakan para astronom untuk menemukan benda-benda langit. Menggunakan waktu sidereal, adalah mungkin untuk dengan mudah mengarahkan teleskop ke koordinat yang tepat di langit malam. Singkatnya, waktu sidereal adalah "skala waktu yang didasarkan pada tingkat rotasi Bumi yang diukur relatif terhadap bintang-bintang tetap), di mana pergerakan bintang dan rasi bintang di langit digunakan untuk menghitung panjang tahun.

Satuan-satuan ini tidak memiliki hubungan yang konsisten satu sama lain dan memerlukan interkalasi. Misalnya, tahun tidak dapat dibagi menjadi dua belas bulan dengan 28 hari karena 12 kali 28 adalah 336, jauh lebih kecil dari 365. Bulan lunar (seperti yang didefinisikan oleh rotasi bulan) bukan 28 hari tetapi 28,3 hari. Tahun, yang didefinisikan dalam kalender Gregorian sebagai 365,2425 hari harus disesuaikan dengan hari kabisat dan detik kabisat. Akibatnya, unit-unit ini sekarang semua didefinisikan untuk tujuan ilmiah sebagai kelipatan detik.

Apa itu waktu?

Waktu didefinisikan sebagai kemajuan berkelanjutan dari keberadaan di masa lalu, sekarang dan masa depan. Dengan menggunakan satuan ukuran waktu seseorang dapat mengukur keberadaan suatu peristiwa. Berikut ini adalah satuan ukuran waktu yang paling umum digunakan:

Satuan Ukuran Waktu standard SI

Satuan ukuran waktu SI adalah detik, yang selanjutnya secara akurat didefinisikan sebagai “interval waktu yang sama dengan 9192631770 periode radiasi yang sesuai dengan transisi antara dua tingkat hiperhalus dari keadaan dasar atom cesium-133 (CGPM ke-13, 1967). Bagaimanapun, satuan detik sering direpresentasikan sebagai s atau detik.

Satuan Ukuran Waktu Populer

Beberapa unit umum dan banyak digunakan termasuk menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun. Jika kita mempertimbangkan jangka waktu yang lama, kelipatan tahun juga digunakan untuk menandai jangka waktu tertentu. Bisa jadi, satu dekade sama dengan 10 tahun, satu abad sama dengan 100 tahun, satu milenium sama dengan 1.000 tahun, dan mega-tahun sama dengan 1.000.000 tahun.

Satuan Ukuran Waktu

  • menit 60 detik
  • jam 60 menit, atau 3.600 detik
  • hari 24 jam, atau 86.400 detik
  • minggu 7 hari, atau 604.800 detik
  • bulan 28-31 hari, atau 2.419.200-2.678.400 detik
  • tahun 365,25 hari, atau sekitar 31.557.600 detik
  • s, detik, detik - 1/60 menit; unit dasar waktu yang diadopsi di bawah Systeme International d'Unites
  • attosecond - sepersejuta (10^-18) detik; seperseribu femtosekon
  • femtosecond - satu kuadriliun (10^-15) detik; seperseribu picosecond
  • picosecond - sepertriliun (10^-12) detik; seperseribu nanodetik
  • nanodetik - sepersejuta (10^-9) detik; seperseribu mikrodetik
  • mikrodetik - sepersejuta (10^-6) detik; seperseribu milidetik
  • milidetik, mdtk - seperseribu (10^-3) detik
  • Satu militahun adalah 1000 tahun. Yaitu sekitar 0,365 hari, 8,76 jam, 525,6 menit, atau 31550 detik
Bulan-bulan lainnya memiliki 4 minggu ditambah 2 hari atau 4 minggu ditambah 3 hari. 

  • 12 bulan = 1 tahun.
  • 100 tahun = 1 abad.
  • 10 abad = 1 milenium.
Satuan ukuran waktu lain yang kurang umum untuk disebutkan hanya beberapa.

Ini adalah milidetik, mikrodetik, dekadetik, dua minggu, seperempat, dekade, olimpiade, jubilee, megaannum, jiffy, dan waktu Planck.
  • 1 milidetik = 0,001 detik
  • 1 mikrodetik = 0,000001 detik.
  • 1 decadetik = 10 detik
  • 1 dua minggu = 2 minggu (Yang ini sebagian besar digunakan di Inggris Raya dan beberapa bekas koloni Inggris)
  • 1 triwulan = 3 bulan.
  • 1 dekade = 10 tahun.
  • 1 olimpiade = 4 tahun.
  • 1 Yobel = 50 tahun (ini digunakan dalam alkitab)
  • 1 megaannum = 1 juta tahun.
  • 1 jiffy = 33,3564 mikrodetik = waktu yang dibutuhkan cahaya untuk menempuh jarak 1 sentimeter menurut Gilbert Newton.
  • 1 Waktu Planck= 5,39×10-44 s
Perhatikan bahwa waktu Planck bahkan lebih kecil dari sekejap. Faktanya, 1 waktu Planck sebenarnya adalah waktu terukur terpendek di antara semua unit waktu yang berbeda.

Satuan SI
Sistem Satuan Internasional (Système Internationale d'Unités atau SI) mendefinisikan tujuh satuan dasar pengukuran yang darinya semua satuan SI lainnya diturunkan. Satuan dasar waktu adalah sekon (satuan SI lainnya adalah: meter untuk panjang, kilogram untuk massa, ampere untuk arus listrik, kelvin untuk suhu, candela untuk intensitas cahaya, dan mol untuk jumlah zat). Yang kedua bisa disingkat s atau sec.

Secara historis, satu detik didefinisikan dengan mengacu pada periode waktu yang lebih lama – menit, jam, dan hari – mis. sebagai 1/86.400 hari matahari rata-rata (satu hari adalah 24 jam x 60 menit x 60 detik = 86.400 detik). Ini kadang-kadang dikenal sebagai detik ephemeris (ephemeris adalah tabel yang menunjukkan posisi benda-benda langit pada berbagai tanggal dalam urutan yang teratur).

Sejak pembentukan sistem SI pada tahun 1967, sekon secara teknis didefinisikan dalam istilah atom yang lebih tepat dan absolut sebagai “durasi 9.192.631.770 periode radiasi yang sesuai dengan transisi antara dua tingkat hiperhalus dari keadaan dasar atom cesium 133 ”. Pada tahun 1997, definisi ini dibuat lebih spesifik dengan ketentuan bahwa ini mengacu pada atom sesium yang diam pada suhu 0° Kelvin.

Mengingat bahwa Bumi melambat secara bertahap, dan hari matahari rata-rata yang menjadi dasar definisi asli satu detik tidak tetap sama, definisinya bisa dibilang merupakan pilihan sejarah dan budaya, bahkan pilihan yang sewenang-wenang. Tetapi setidaknya definisi atom yang sekarang kita gunakan, apa pun asalnya, akan selalu tetap. Semua unit pengukuran waktu lainnya sekarang diturunkan dari detik. Faktanya, karena kita dapat mengukur waktu lebih akurat daripada panjang, bahkan pengukuran SI meter didefinisikan dalam jarak yang ditempuh cahaya dalam 0,000000003335640952 detik.

Kuantum Waktu
Chronon adalah unit untuk unit waktu yang diusulkan dan tidak dapat dibagi dalam fisika teoretis, yang dikenal sebagai kuantum waktu. Satuan tersebut dapat digunakan sebagai bagian dari teori yang menyatakan bahwa waktu tidak kontinu tetapi terdiri dari banyak unit diskrit. Harus ditekankan bahwa, menurut pemahaman kita tentang fisika saat ini, baik dalam mekanika kuantum dan relativitas umum (yang bersama-sama membentuk sebagian besar fisika modern), waktu TIDAK datang dalam paket diskrit yang terkuantisasi, tetapi mulus dan berkelanjutan – lihat bagian Waktu Kuantum. Namun model diskrit mungkin berguna untuk beberapa teori yang lebih tidak jelas dan sebagian besar hipotetis yang mencoba menggabungkan mekanika kuantum dan relativitas ke dalam teori gravitasi kuantum.

Bahkan tidak jelas berapa nilai chronon. Salah satu kandidatnya adalah waktu Planck (5,39 x 10-44 detik yang sangat kecil), yang merupakan waktu yang diperlukan cahaya untuk merambat dalam ruang hampa dengan jarak 1 panjang Planck, dan dianggap oleh sebagian besar fisikawan sebagai pengukuran waktu terkecil yang mungkin, bahkan pada prinsipnya. Meskipun terlalu kecil untuk memiliki banyak aplikasi praktis, waktu Planck konsisten dengan satuan Planck lain untuk panjang, suhu, massa, kepadatan, dll, yang kadang-kadang digunakan dalam fisika teoretis. Kandidat lain yang mungkin untuk kronon adalah waktu yang dibutuhkan cahaya untuk menempuh radius klasik elektron.

Ketika seseorang mengatakan mereka akan "hanya sebentar", mereka mungkin tidak menyadari bahwa itu berarti mereka akan menjadi tepat 90 detik. Setidaknya dalam perhitungan abad pertengahan, suatu momen pernah dengan sangat tepat didefinisikan sebagai seperempat puluh satu jam, atau sepersepuluh dari "titik" (satu titik, kebetulan, menjadi 15 menit)—atau, dengan kata lain, satu menit dan setengah. Hanya makna umum dan tidak tepat dari "momen" yang telah bertahan dalam bahasa Inggris hari ini, tentu saja, tetapi makna kuno dan spesifik yang mengejutkan ini adalah salah satu dari sejumlah kata penunjuk waktu lama yang sudah lama tidak digunakan. Mengapa tidak mengambil terburu-buru dari nycthemeron Anda dan mencari tahu lebih banyak?

1. ATOM
Atom berasal dari kata Yunani yang berarti "tidak dapat dipotong", dan dalam istilah fisika atom secara harfiah adalah partikel yang "tidak dapat dibagi". Namun, dalam bahasa Inggris Kuno, atom juga digunakan untuk waktu yang kemudian dianggap sebagai kuantitas waktu terkecil yang dapat diukur: pernah ada 376 atom dalam satu menit, membuat satu atom sama dengan sedikit di bawah 1/6 detik. (atau 0,15957 detik, lebih tepatnya).

2. GURRY
Pada Abad Pertengahan, semua jenis alat dan perangkat digunakan untuk melacak waktu, salah satu yang paling sederhana dan paling rapi adalah jam air India yang disebut ghurry. Itu terdiri dari mangkuk logam atau kayu besar, ditusuk dengan beberapa lubang, yang akan ditempatkan di baskom berisi air, dan saat air dituangkan ke dalam mangkuk melalui lubang di sisinya, perlahan-lahan akan tenggelam ke dasar tangki. . Seluruh proses dari awal hingga akhir membutuhkan waktu yang tetap, yang biasanya tepat 24 menit. Pada akhirnya, pernah dianggap ada 60 ghurry dalam sehari.

3. LUSTER
Kilau adalah periode lima tahun. Penggunaannya berasal dari Roma Kuno, ketika sebuah lustrum adalah periode lima tahun di mana sensus penuh penduduk Romawi akan dilakukan. Setelah angka-angka masuk dan penghitungan selesai, prosesi perayaan besar-besaran akan diadakan di jalan-jalan Roma, yang memuncak dalam pengorbanan pemurnian besar yang disebut lustratio (harfiah, "pencucian") yang dilakukan untuk menghormati semua orang. dari Kekaisaran.

4. MILEWAY
Jika "tahun cahaya" terdengar seperti satuan ukuran waktu tetapi sebenarnya merupakan satuan jarak, maka jarak tempuh adalah kebalikannya. Kedengarannya seperti satuan panjang, tetapi di awal Abad Pertengahan itu sebenarnya adalah nama untuk jangka waktu sekitar 20 menit—atau kira-kira jumlah waktu yang dibutuhkan untuk berjalan satu mil.

5. NUNDIN
Sebuah nundina adalah pasar Romawi yang diadakan setiap hari kesembilan, yang mengambil namanya dari kata Latin untuk "kesembilan," novem (seperti pada bulan November, bulan kesembilan dalam kalender Romawi). Seorang nundine, pada akhirnya, adalah periode sembilan hari—atau, tidak termasuk secara inklusif, jeda delapan hari antara dua tanggal.

6. NYCHTHEMERON
Berasal dari kata Yunani untuk "malam" (nyks) dan "siang" (hemera), nycthemeron tidak lebih dari nama alternatif mewah untuk jangka waktu 24 jam. Apa pun yang digambarkan sebagai nychthemerinal, kebetulan, hanya berlangsung satu hari.

7. PUNCT
Juga disebut titik atau tusukan, di Eropa Abad Pertengahan satu tusukan adalah seperempat jam ...

8. KUADRAN
…sementara kuadran adalah seperempat hari, atau periode tepat enam jam.

9. QUINZIÈME
Quinzième secara harfiah berarti "kelima belas" dalam bahasa Prancis, dan dalam pengertian ini kata tersebut dipinjam ke dalam bahasa Inggris setelah Penaklukan Norman di Inggris sebagai nama pajak atau bea yang setara dengan 15 pence dalam setiap pon. Namun, pada awal 1400-an, kata itu mulai digunakan dalam konteks keagamaan untuk merujuk pada hari perayaan atau hari raya besar gereja dan dua minggu penuh pertama setelahnya. Akibatnya, quinzième adalah jangka waktu 15 hari.

10. SCRUPLE
Scruple berasal dari scrupulus, kata Latin untuk batu kecil atau kerikil. Dalam arti keraguan atau masalah yang mengganggu, gambaran yang mendasarinya mungkin adalah memiliki batu di sepatu Anda, sementara jika Anda adalah orang yang teliti, maka Anda suka memperhatikan detail terkecil sekalipun. Secara historis, keberatan juga merupakan ukuran apoteker tua yang setara dengan 1/24 ons (kira-kira 1,3 gram). Dalam arti kiasan dari "sejumlah kecil sesuatu," di awal abad ke-17 keberatan juga digunakan sebagai nama lain untuk 1/60 derajat lingkaran (yaitu satu menit), 1/60 menit ( yaitu satu detik), dan 1/60 hari (yaitu 24 menit).

Mengukur Alam Semesta
IAU dan unit astronomi
Para ilmuwan menggunakan satuan sepanjang waktu. Konsep sistem satuan standar internasional adalah salah satu yang paling mendasar dalam ilmu eksperimental. Setiap orang menggunakan satuan yang sudah dikenal seperti kilogram, kilometer, dan detik dan itu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmuwan mungkin memerlukan unit yang lebih eksotik seperti ukuran arus, frekuensi, dan besaran ilmiah lainnya, tetapi prinsipnya sama, tanpa skema pengukuran yang disepakati, para ilmuwan tidak dapat berbagi hasil dan dapat terjadi kesalahan yang merugikan dan merugikan.

International Astronomical Union (IAU) bertanggung jawab untuk memelihara dan menyetujui satuan khusus dalam astronomi, yang secara resmi ditetapkan pada tahun 1976. Salah satu yang terpenting adalah satuan astronomi. Ini adalah satuan panjang yang mendekati jarak Matahari-Bumi (sekitar 150 juta kilometer) yang mudah digunakan dalam astronomi. Menurut definisinya yang diadopsi oleh Sidang Umum IAU ke-XXVIII (Resolusi IAU 2012 B2), satuan astronomi adalah satuan konvensional yang panjangnya sama dengan 149 597 870 700 m tepatnya. Definisi ini berlaku terlepas dari skala waktu yang digunakan. Simbol unik untuk satuan astronomi adalah au. IAU juga mendefinisikan satuan astronomi lainnya: satuan ukuran waktu astronomi adalah 1 hari (d) dari 86.400 SI detik (s) (SI adalah Sistem Satuan Internasional) dan satuan astronomi untuk massa sama dengan massa Matahari, 1.9891×1030 kg.

Di luar Tata Surya, jarak dalam astronomi sangat jauh sehingga menggunakan au menjadi terlalu rumit. IAU mengenali beberapa unit jarak lain untuk digunakan pada skala yang berbeda. Untuk studi struktur Bima Sakti, galaksi lokal kita, parsec (pc) adalah pilihan yang biasa. Ini setara dengan sekitar 30.857×1012 km, atau sekitar 206.000 aus, dan itu sendiri didefinisikan dalam istilah au – sebagai jarak di mana satu Unit Astronomi membentuk sudut satu detik busur. Sebagai alternatif, tahun cahaya (ly) kadang-kadang digunakan dalam makalah ilmiah sebagai satuan jarak, meskipun penggunaannya sebagian besar terbatas pada publikasi populer dan media serupa. Tahun cahaya kira-kira setara dengan 0,3 parsec, dan sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun Julian dalam ruang hampa, menurut IAU. Kalau dipikir-pikir dalam istilah yang mudah diakses, tahun cahaya adalah 9.460.730.472.580,8 km atau 63.241 au. Meskipun lebih kecil dari parsec, jaraknya masih sangat jauh.

Mendefinisikan unit seringkali lebih kompleks daripada yang pertama kali muncul. Misalnya, untuk mendefinisikan tahun cahaya, kita perlu memahami dengan tepat apa itu tahun. Ketika mengacu pada tahun dalam arti astronomis yang didefinisikan secara tepat, itu harus ditulis dengan artikel tak tentu "a" sebagai "tahun". Meskipun ada beberapa jenis tahun yang berbeda, IAU menganggap satu tahun sebagai tahun Julian dengan 365,25 hari (31,5576 juta detik) kecuali ditentukan lain. IAU juga mengakui abad Julian 36.525 hari dalam formula dasar untuk presesi (info lebih lanjut). Pengukuran waktu lainnya seperti waktu sidereal, matahari, dan waktu universal tidak cocok untuk mengukur interval waktu yang tepat, karena kecepatan rotasi Bumi, tempat mereka bergantung, bervariasi terhadap detik.

Para ilmuwan telah mengukur satuan ukuran waktu terpendek yang pernah ada: waktu yang dibutuhkan partikel cahaya untuk melintasi molekul hidrogen.

Waktu itu, sebagai catatan, adalah 247 zeptoseconds. Zeptosekon adalah sepertriliun sepermiliar detik, atau titik desimal yang diikuti oleh 20 angka nol dan satu 1. Sebelumnya, para peneliti telah terjun ke ranah zeptodetik; pada tahun 2016, para peneliti yang melaporkan dalam jurnal Nature Physics menggunakan laser untuk mengukur waktu secara bertahap hingga 850 zeptodetik. Keakuratan ini merupakan lompatan besar dari karya pemenang Hadiah Nobel 1999 yang pertama kali mengukur waktu dalam femtodetik, yaitu sepersejuta dari sepersejuta detik.

Dibutuhkan femtoseconds untuk ikatan kimia untuk memutuskan dan membentuk, tetapi dibutuhkan zeptoseconds untuk cahaya untuk melakukan perjalanan melintasi satu molekul hidrogen (H2). Untuk mengukur perjalanan yang sangat singkat ini, fisikawan Reinhard Dörner dari Universitas Goethe di Jerman dan rekan-rekannya menembakkan sinar-X dari PETRA III di Deutsches Elektronen-Synchrotron (DESY), akselerator partikel di Hamburg.
Para peneliti mengatur energi sinar-X sehingga satu foton, atau partikel cahaya, menjatuhkan dua elektron dari molekul hidrogen. (Sebuah molekul hidrogen terdiri dari dua proton dan dua elektron.) Foton memantulkan satu elektron keluar dari molekul, dan kemudian yang lain, sedikit seperti kerikil yang melompati bagian atas kolam. Interaksi ini menciptakan pola gelombang yang disebut pola interferensi, yang dapat diukur Dörner dan rekan-rekannya dengan alat yang disebut mikroskop reaksi Cold Target Recoil Ion Momentum Spectroscopy (COLTRIMS). Alat ini pada dasarnya adalah detektor partikel yang sangat sensitif yang dapat merekam reaksi atom dan molekul yang sangat cepat. Mikroskop COLTRIMS merekam pola interferensi dan posisi molekul hidrogen selama interaksi.

“Karena kami mengetahui orientasi spasial molekul hidrogen, kami menggunakan interferensi dua gelombang elektron untuk menghitung secara tepat kapan foton mencapai yang pertama dan ketika mencapai atom hidrogen kedua,” Sven Grundmann, rekan penulis studi di University of Rostock di Jerman, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Waktu itu? Dua ratus empat puluh tujuh zeptodetik, dengan beberapa ruang gerak tergantung pada jarak antara atom hidrogen dalam molekul pada saat yang tepat ketika foton melintas. Pengukuran pada dasarnya menangkap kecepatan cahaya dalam molekul.

"Kami mengamati untuk pertama kalinya bahwa kulit elektron dalam sebuah molekul tidak bereaksi terhadap cahaya di mana-mana pada waktu yang sama," kata Dörner dalam pernyataannya. "Penundaan waktu terjadi karena informasi di dalam molekul hanya menyebar dengan kecepatan cahaya."

Tag:

satuan waktu dalam bentuk si adalah
satuan waktu dalam fisika
contoh soal satuan waktu dan jawabannya
contoh satuan waktu
simbol satuan waktu
materi satuan waktu kelas 3 sd
satuan waktu adalah
satuan waktu dibawah detik
contoh soal satuan waktu dan jawabannya
soal satuan waktu kelas 3 sd dan kunci jawaban
contoh soal satuan waktu kelas 3 sd
contoh soal satuan waktu jam menit detik
contoh satuan waktu
soal matematika tentang jam kelas 5 sd
soal satuan waktu kelas 2 sd
soal online satuan waktu

Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top