Pelajaran Sistem Organisasi Kehidupan Mahluk Hidup  instituteistic

Articles/pictures/videos in various disciplines such as mathematics, science and computational science. Explore advanced logical thinking, conceptual ability,  and enhance students understanding of science and mathematics, primary education, secondary education, higher education, teacher education,  and non-formal education

Organisasi biologis adalah hierarki struktur dan sistem biologis kompleks yang mendefinisikan kehidupan menggunakan pendekatan reduksionistik.Hirarki

Secara Keseluruhan Tingkatan dalam Sistem Organisasi Kehidupan Mahluk Hidup itu dimulai dari molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

Makhluk hidup sangat terorganisir dan terstruktur, mengikuti hierarki yang dapat diperiksa dalam skala dari kecil hingga besar. Atom adalah unit terkecil dan paling mendasar dari materi. Ini terdiri dari inti yang dikelilingi oleh elektron. Atom membentuk molekul yang merupakan struktur kimia yang terdiri dari setidaknya dua atom yang disatukan oleh satu atau lebih ikatan kimia. Banyak molekul yang secara biologis penting adalah makromolekul, molekul besar yang biasanya dibentuk oleh polimerisasi (polimer adalah molekul besar yang dibuat dengan menggabungkan unit yang lebih kecil yang disebut monomer, yang lebih sederhana daripada makromolekul). Contoh makromolekul adalah asam deoksiribonukleat (DNA), yang berisi instruksi untuk struktur dan fungsi semua organisme hidup.


Berikut ini adalah Soal mengenai Sistem Organisasi Kehidupan Mahluk Hidup untuk dipelajari siswa Kelas 7 termasuk kunci jawaban 

Soal Sistem Organisasi Kehidupan Mahluk Hidup Kelas 7


Dari Organel ke Biosfer

Makromolekul dapat membentuk agregat di dalam sel yang dikelilingi oleh membran; ini disebut organel. Organel adalah struktur kecil yang ada di dalam sel. Contohnya termasuk: mitokondria dan kloroplas, yang menjalankan fungsi yang sangat diperlukan. Mitokondria menghasilkan energi untuk memberi daya pada sel sementara kloroplas memungkinkan tanaman hijau memanfaatkan energi di bawah sinar matahari untuk membuat gula. Semua makhluk hidup terbuat dari sel, dan sel itu sendiri adalah unit dasar terkecil dari struktur dan fungsi dalam organisme hidup. (Persyaratan ini adalah mengapa virus tidak dianggap hidup: mereka tidak terbuat dari sel. Untuk membuat virus baru, mereka harus menyerang dan membajak mekanisme reproduksi sel hidup; baru kemudian mereka dapat memperoleh bahan yang mereka butuhkan untuk bereproduksi.) Beberapa organisme terdiri dari satu sel dan yang lain multiseluler. Sel diklasifikasikan sebagai prokariotik atau eukariotik. Prokariota adalah organisme bersel tunggal atau berkoloni yang tidak memiliki inti yang terikat membran; sebaliknya, sel-sel eukariota memang memiliki organel yang terikat membran dan nukleus yang terikat membran.

Dalam organisme yang lebih besar, sel bergabung untuk membuat jaringan, yang merupakan kelompok sel serupa yang menjalankan fungsi serupa atau terkait. Organ adalah kumpulan jaringan yang dikelompokkan bersama melakukan fungsi umum. Organ tidak hanya terdapat pada hewan tetapi juga pada tumbuhan. Sistem organ adalah tingkat organisasi yang lebih tinggi yang terdiri dari organ-organ yang terkait secara fungsional. Mamalia memiliki banyak sistem organ. Misalnya, sistem peredaran darah mengangkut darah ke seluruh tubuh dan ke dan dari paru-paru; itu termasuk organ-organ seperti jantung dan pembuluh darah. Selanjutnya, organisme adalah entitas hidup individu. Misalnya, setiap pohon di hutan adalah organisme. Prokariota bersel tunggal dan eukariota bersel tunggal juga dianggap organisme dan biasanya disebut sebagai mikroorganisme.

Semua individu dari suatu spesies yang hidup dalam area tertentu secara kolektif disebut populasi. Misalnya, sebuah hutan mungkin memiliki banyak pohon pinus. Semua pohon pinus ini mewakili populasi pohon pinus di hutan ini. Populasi yang berbeda dapat hidup di area spesifik yang sama. Misalnya, hutan dengan pohon pinus termasuk populasi tanaman berbunga dan juga populasi serangga dan mikroba. Komunitas adalah jumlah populasi yang mendiami suatu wilayah tertentu. Misalnya, semua pohon, bunga, serangga, dan populasi lain di hutan membentuk komunitas hutan. Hutan itu sendiri adalah sebuah ekosistem. Ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup di daerah tertentu bersama-sama dengan abiotik, bagian tak hidup dari lingkungan itu seperti nitrogen di dalam tanah atau air hujan. Pada tingkat organisasi tertinggi, biosfer adalah kumpulan semua ekosistem, dan mewakili zona kehidupan di bumi. Ini termasuk tanah, air, dan bahkan atmosfer sampai batas tertentu. Secara bersama-sama, semua tingkat ini terdiri dari tingkat organisasi biologis, yang berkisar dari organel hingga biosfer.

Organisasi Kehidupan 

Molekul 

Molekul adalah partikel penyusun organisme yang terdiri dari dua atom atau lebih. Molekul ini memiliki bentuk, struktur, dan sifat kimia ataupun fisika yang akan membentuk suatu zat.

Sel

Sel adalah struktur fungsional yang paling kecil dalam suatu organisme. Sel dapat melakukan aktivitas dan reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan yang berlangsung di dalam sel itu sendiri.

Ada tiga bagian sel yang berperan penting, yaitu mitokondria, ribosom, dan nukleus. Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi seluler, ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein, dan nukleus berfungsi mengatur seluruh kegiatan sel.

Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup. Contoh jaringan adalah jaringan ikat, jaringan pengangkut, jaringan otot, jaringan meristem, jaringan saraf, dan jaringan epidermis.

Organ 

Organ adalah sekumpulan jaringan yang memegang fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup. Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ, seperti jantung, ginjal, lambung, dan usus. 

Sistem Organ 

Dalam tubuh makhluk hidup, organ tertentu akan bersatu membentuk sistem organ. Sistem organ ini memegang peran yang lebih besar dalam kehidupan suatu organisme atau makhluk hidup. Contoh sistem organ adalah sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem peredaran darah. 

Individu 

Sistem organ kemudian akan bekerja sama dan menyusun tubuh organisme. Organisme adalah individu ataupun spesies yang dapat diidentifikasi.

Ada dua jenis individu, yaitu individu uniseluler dan multiseluler. Contoh organisme uniseluler adalah bakteri, sedangkan contoh organisme multiseluler adalah manusia, sapi, harimau, padi, bunga lili, dan pohon cemara.

Populasi 

Populasi adalah sekumpulan individu dari satu spesies yang hidup dan berinteraksi di wilayah tertentu. Contohnya populasi manusia, kawanan rusa di padang rumput, dan sekumpulan semut di batang pohon. 

Komunitas 

Komunitas adalah sekumpulan populasi makhluk hidup dari berbagai spesies yang hidup dan berinteraksi di suatu wilayah tertentu. Contohnya kumpulan ikan di laut dan kumpulan hewan buas di Afrika. 

Ekosistem

Ekosistem adalah sekumpulan faktor biotik (unsur hidup) dan abiotik (unsur tidak hidup) yang hidup saling berdampingan. Contoh dari ekosistem adalah kawasan hutan tropis yang terdiri dari berbagai macam hewan dan tumbuhan. 

Bioma

Bioma adalah daratan luas dengan jenis tumbuhan dan hewan tertentu. Contohnya bioma gurun, bioma taiga, bioma tundra, dan bioma padang rumput. 

Biosfer 

Biosfer adalah keseluruhan bioma dan organisme di bumi beserta tempat hidupnya yang meliputi atmosfer, hidrosfer, dan litisfer. 

Secara Umum mahluk dimulai dengan sel. Dan untuk beberapa spesies, hanya berakhir dengan sel. Tetapi bagi yang lain, sel-sel bersatu membentuk jaringan, jaringan membentuk organ, organ membentuk sistem organ, dan sistem organ bergabung membentuk organisme.

Tingkat Organisasi

Dunia kehidupan dapat diatur ke dalam tingkat yang berbeda. Misalnya, banyak organisme individu dapat diatur ke dalam tingkat berikut:

  • Sel: Unit dasar struktur dan fungsi semua makhluk hidup.
  • Jaringan : Kumpulan sel sejenis yang melakukan fungsi yang sama.
  • Organ: Struktur yang terdiri dari dua atau lebih jenis jaringan. Jaringan suatu organ bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Organ manusia meliputi otak, lambung, ginjal, dan hati. Organ tumbuhan meliputi akar, batang, dan daun.
  • Sistem organ: Sekelompok organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Contoh sistem organ pada manusia termasuk sistem kerangka, saraf, dan reproduksi.
  • Organisme: Makhluk hidup individu yang mungkin terdiri dari satu atau lebih sistem organ.

Rata-rata tubuh manusia memiliki sekitar 38 triliun sel! Namun, mereka dapat dikelompokkan menjadi hanya empat jenis jaringan utama yang meliputi jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan saraf.

Ada juga tingkat organisasi di atas organisme individu.

Organisme dari spesies yang sama yang hidup di daerah yang sama membentuk suatu populasi. Misalnya, semua ikan mas yang tinggal di daerah yang sama membentuk populasi ikan mas.

Semua populasi yang tinggal di daerah yang sama membentuk komunitas. Komunitas yang termasuk populasi ikan mas juga termasuk populasi ikan lain, karang, dan organisme lainnya.

Ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup (faktor biotik) di daerah tertentu, bersama-sama dengan lingkungan tak hidup (faktor abiotik). Lingkungan tak hidup meliputi air, sinar matahari, dan faktor fisik lainnya.

Sekelompok ekosistem serupa dengan tipe umum lingkungan fisik yang sama disebut bioma.

Biosfer adalah bagian dari Bumi tempat semua kehidupan ada, termasuk semua tanah, air, dan udara tempat makhluk hidup dapat ditemukan. Biosfer terdiri dari banyak bioma yang berbeda.

Keanekaragaman Kehidupan

Kehidupan di Bumi sangat beragam. Keanekaragaman makhluk hidup disebut keanekaragaman hayati. Ukuran keanekaragaman hayati Bumi adalah jumlah berbagai spesies organisme yang hidup di Bumi. Setidaknya 10 juta spesies berbeda hidup di Bumi saat ini. Mereka umumnya dikelompokkan menjadi enam kerajaan yang berbeda.

Kita adalah organisme hidup, tetapi begitu juga setiap hewan dan tumbuhan lain di Bumi. Organisme adalah sistem hidup yang dapat merespon rangsangan, tumbuh, berkembang biak, dan mempertahankan keadaan yang konsisten (homeostasis). Atau setidaknya itulah definisi kita saat ini tentang organisme hidup; pasti ada ruang untuk debat. Tapi kami cukup yakin kami tahu organisme hidup ketika kami melihatnya dalam banyak kasus. Organisme hidup meliputi hewan, tumbuhan, jamur, dan mikroorganisme.

Tapi bagaimana organisme hidup terstruktur? Apa yang membuat mereka? Organisme hidup memiliki banyak bagian dan bagian-bagian itu bergabung bersama untuk membentuk keseluruhan yang bekerja seolah-olah menjadi satu. Ini adalah sistem yang luar biasa, terutama dalam hal tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan disusun menjadi sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Sistem organ tersebut bersama-sama membentuk keseluruhan organisme.

Sel adalah unit dasar kehidupan - mereka adalah unit fungsional terkecil dari suatu organisme dan merupakan objek mikroskopis yang mengandung sitoplasma dan nukleus yang dikelilingi oleh membran sel. Organisme mikroskopis seringkali hanya sebuah sel tunggal: dalam hal ini adalah seluruh organisme. Tetapi manusia memiliki triliunan sel.

Jaringan adalah kelompok sel dari jenis yang sama atau dari tempat yang sama yang menyelesaikan tugas tertentu. Misalnya, manusia memiliki jaringan otot, jaringan ikat, jaringan saraf dan lain-lain.

Organ adalah bagian dari organisme yang biasanya berdiri sendiri dan memiliki tujuan atau fungsi tertentu. Sebagai contoh, jantung manusia adalah organ yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Sistem organ adalah sekelompok organ yang secara kolektif melakukan pekerjaan atau fungsi tertentu. Misalnya, sistem pencernaan berisi lambung, kerongkongan, usus halus, usus besar, pankreas, hati, kantong empedu, rektum, dan anus. Suatu organ dapat menjadi bagian dari beberapa sistem organ. 

Makhluk hidup sangat terorganisir dan terstruktur, mengikuti hierarki yang dapat diperiksa dalam skala dari kecil hingga besar. Atom adalah unit terkecil dan paling mendasar dari materi. Ini terdiri dari inti yang dikelilingi oleh elektron. Atom membentuk molekul. Molekul adalah struktur kimia yang terdiri dari setidaknya dua atom yang disatukan oleh satu atau lebih ikatan kimia. Banyak molekul yang secara biologis penting adalah makromolekul, molekul besar yang biasanya dibentuk oleh polimerisasi (polimer adalah molekul besar yang dibuat dengan menggabungkan unit yang lebih kecil yang disebut monomer, yang lebih sederhana daripada makromolekul). Contoh makromolekul adalah asam deoksiribonukleat (DNA), yang berisi instruksi untuk struktur dan fungsi semua organisme hidup.Model molekuler menggambarkan molekul DNA, menunjukkan struktur heliks gandanya.

Beberapa sel mengandung kumpulan makromolekul yang dikelilingi oleh membran; ini disebut organel. Organel adalah struktur kecil yang ada di dalam sel. Contoh organel termasuk mitokondria dan kloroplas, yang menjalankan fungsi yang sangat diperlukan: mitokondria menghasilkan energi untuk memberi daya pada sel, sementara kloroplas memungkinkan tanaman hijau memanfaatkan energi di bawah sinar matahari untuk membuat gula. Semua makhluk hidup terbuat dari sel; sel itu sendiri adalah unit dasar terkecil dari struktur dan fungsi organisme hidup. (Persyaratan ini adalah mengapa virus tidak dianggap hidup: mereka tidak terbuat dari sel. Untuk membuat virus baru, mereka harus menyerang dan membajak mekanisme reproduksi sel hidup; hanya dengan begitu mereka dapat memperoleh bahan yang mereka butuhkan untuk bereproduksi.) Beberapa organisme terdiri dari satu sel dan yang lain multiseluler. Sel diklasifikasikan sebagai prokariotik atau eukariotik. Prokariota adalah organisme bersel tunggal atau berkoloni yang tidak memiliki inti atau organel yang terikat membran; sebaliknya, sel-sel eukariota memang memiliki organel yang terikat membran dan nukleus yang terikat membran.

Dalam organisme yang lebih besar, sel bergabung untuk membuat jaringan, yang merupakan kelompok sel serupa yang menjalankan fungsi serupa atau terkait. Organ adalah kumpulan jaringan yang dikelompokkan bersama melakukan fungsi umum. Organ tidak hanya terdapat pada hewan tetapi juga pada tumbuhan. Sistem organ adalah tingkat organisasi yang lebih tinggi yang terdiri dari organ-organ yang terkait secara fungsional. Mamalia memiliki banyak sistem organ. Misalnya, sistem peredaran darah mengangkut darah ke seluruh tubuh dan ke dan dari paru-paru; itu termasuk organ-organ seperti jantung dan pembuluh darah. Organisme adalah makhluk hidup individu. Misalnya, setiap pohon di hutan adalah organisme. Prokariota bersel tunggal dan eukariota bersel tunggal juga dianggap organisme dan biasanya disebut sebagai mikroorganisme.

Semua individu dari suatu spesies yang hidup dalam area tertentu secara kolektif disebut populasi. Misalnya, sebuah hutan mungkin memiliki banyak pohon pinus. Semua pohon pinus ini mewakili populasi pohon pinus di hutan ini. Populasi yang berbeda dapat hidup di area spesifik yang sama. Misalnya, hutan dengan pohon pinus termasuk populasi tanaman berbunga dan juga populasi serangga dan mikroba. Komunitas adalah jumlah populasi yang mendiami suatu wilayah tertentu. Misalnya, semua pohon, bunga, serangga, dan populasi lain di hutan membentuk komunitas hutan. Perlu diingat bahwa tingkat komunitas hanya terdiri dari organisme hidup. Hutan itu sendiri adalah sebuah ekosistem; ini adalah tingkat pertama yang berisi aspek non-hidup dari area tertentu yang berdampak pada makhluk hidup di lingkungan itu. Ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup di daerah tertentu bersama-sama dengan abiotik, bagian tak hidup dari lingkungan itu seperti nitrogen di dalam tanah atau air hujan.

Makhluk hidup sangat terorganisir dan terstruktur, mengikuti hierarki dalam skala dari kecil ke besar. Atom adalah unit terkecil dan paling mendasar dari materi. Ini terdiri dari inti yang dikelilingi oleh elektron. Atom membentuk molekul. Molekul adalah struktur kimia yang terdiri dari setidaknya dua atom yang disatukan oleh ikatan kimia. Banyak molekul yang secara biologis penting adalah makromolekul, molekul besar yang biasanya dibentuk dengan menggabungkan unit yang lebih kecil yang disebut monomer. Contoh makromolekul adalah asam deoksiribonukleat (DNA) yang berisi instruksi untuk berfungsinya organisme yang mengandungnya.

Beberapa sel mengandung kumpulan makromolekul yang dikelilingi oleh membran; ini disebut organel. Organel adalah struktur kecil yang ada di dalam sel dan melakukan fungsi khusus. Semua makhluk hidup terbuat dari sel; sel itu sendiri adalah unit dasar terkecil dari struktur dan fungsi organisme hidup. Persyaratan ini adalah mengapa virus tidak dianggap hidup: mereka tidak terbuat dari sel. Untuk membuat virus baru, mereka harus menyerang dan membajak sel hidup; hanya dengan begitu mereka dapat memperoleh bahan yang mereka butuhkan untuk mereproduksi. Beberapa organisme terdiri dari satu sel dan yang lain multiseluler. Sel diklasifikasikan sebagai prokariotik atau eukariotik.

Prokariota adalah organisme bersel tunggal yang tidak memiliki organel yang dikelilingi oleh membran dan tidak memiliki inti yang dikelilingi oleh membran inti; sebaliknya, sel-sel eukariota memang memiliki organel dan inti yang terikat membran. Pada sebagian besar organisme multiseluler, sel bergabung untuk membuat jaringan, yang merupakan kelompok sel serupa yang menjalankan fungsi yang sama. Organ adalah kumpulan jaringan yang dikelompokkan berdasarkan fungsi yang sama. Organ tidak hanya terdapat pada hewan tetapi juga pada tumbuhan. Sistem organ adalah tingkat organisasi yang lebih tinggi yang terdiri dari organ-organ yang terkait secara fungsional. Misalnya hewan vertebrata memiliki banyak sistem organ, seperti sistem peredaran darah yang mengangkut darah ke seluruh tubuh dan ke dan dari paru-paru; itu termasuk organ-organ seperti jantung dan pembuluh darah. Organisme adalah makhluk hidup individu. Misalnya, setiap pohon di hutan adalah organisme. Prokariota bersel tunggal dan eukariota bersel tunggal juga dianggap organisme dan biasanya disebut sebagai mikroorganisme.

Semua individu dari suatu spesies yang hidup dalam area tertentu secara kolektif disebut populasi. Misalnya, sebuah hutan mungkin memiliki banyak pohon pinus putih. Semua pohon pinus ini mewakili populasi pohon pinus putih di hutan ini. Populasi yang berbeda dapat hidup di area spesifik yang sama. Misalnya, hutan dengan pohon pinus termasuk populasi tanaman berbunga dan juga populasi serangga dan mikroba. Komunitas adalah kumpulan populasi yang mendiami suatu wilayah tertentu. Misalnya, semua pohon, bunga, serangga, dan populasi lain di hutan membentuk komunitas hutan. Hutan itu sendiri adalah sebuah ekosistem. Ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup di daerah tertentu bersama-sama dengan abiotik, atau non-hidup, bagian dari lingkungan itu seperti nitrogen di dalam tanah atau air hujan.

Organisasi pada Hewan

Pada semua makhluk hidup, sel merupakan unit terkecil dari kehidupan. Beberapa organisme adalah uniseluler. Mereka

terbuat dari satu sel yang berfungsi sendiri. Bakteri dan ragi adalah dua contoh dari organisme bersel tunggal.

Hewan itu multiseluler, artinya mereka terdiri dari lebih dari satu sel. Bahkan, tubuh manusia terdiri dari sekitar 100 triliun sel! sel memiliki berbagai bentuk dan struktur yang berbeda karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya, sel otot cenderung panjang untuk memungkinkan kontraksi. Sel saraf cenderung memiliki banyak cabang untuk membantu komunikasi. Salah satu fungsi utama dari sel darah merah adalah untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel lain di seluruh tubuh.

Fungsi sel tulang tertentu adalah untuk melepaskan hormon yang membantu pembentukan tulang. Sel-sel yang memiliki struktur dan fungsi yang serupa membentuk jaringan. Sel-sel yang membentuk jaringan bekerja bersama-sama untuk melakukan aktivitas tertentu. Hewan memiliki empat jenis jaringan utama:

• Jaringan otot terlibat dalam gerakan. Misalnya, otot rangka membantu menggerakkan tubuh. Perut memiliki jaringan otot polos, yang membantu mengaduk makanan dan memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil. Otot polos perut juga bisa kembangkan untuk menampung makanan dalam jumlah besar dan kemudian rileks saat kosong.refleksi dll

Sel saraf memiliki banyak cabang yang membantu mereka mengirim sinyal ke seluruh tubuh.

Tingkat organisasi terakhir dan paling kompleks pada hewan adalah organisme. Organisme adalah seluruh makhluk hidup yang melakukan proses kehidupan dasar. Organisme mengambil bahan, melepaskan energi dari makanan, melepaskan limbah, tumbuh, menanggapi lingkungan, dan bereproduksi.

Spons umumnya hidup dan tumbuh di terumbu karang.Unit hidup organisasi dari yang terkecil sampai yang terbesar adalah sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme.

Tidak semua hewan memiliki tingkat organisasi yang sama.Misalnya, spons adalah hewan air sederhana. Mereka multiseluler; Namun, sel mereka tidak terorganisir ke dalam jaringan yang terdefinisi dengan baik. Mereka tidak memiliki organ atau sistem organ. Kehidupan penting spons fungsi dilakukan pada tingkat sel.

Magnetic Resonance Imaging, atau MRI, adalah prosedur digunakan oleh dokter untuk membantu mendiagnosis organ atau organ penyakit sistem. Prosedur ini menggunakan magnet dan sinyal radio untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh. Magnet dan sinyal radio di MRI mesin berinteraksi dengan air dalam tubuh pasien. Mesin kemudian dapat mengukur berapa banyak air yang ada di area tertentu. Ini menciptakan gambar dengan berbagai nuansa abu-abu dari terang (di mana ada banyak air) ke gelap (di mana ada sedikit air). Karena kumparan magnet mampu menciptakan gaya magnet yang mengelilingi seluruh tubuh, mesin MRI adalahmampu mencitrakan tubuh dalam tiga dimensi, atau dalam 3-D. Ini ditampilkan sebagai serangkaian gambar menunjukkan satu bagian tubuh pada suatu waktu. Dokter memeriksa gambar untuk mencari struktur kelainan yang mungkin ada pada organ tersebut.

Organisasi pada Tumbuhan

Seperti hewan, tumbuhan terbuat dari sel-sel khusus yang terorganisir ke dalam jaringan. Contohnya xilem adalah jaringan yang memindahkan air, sedangkan floem adalah jaringan yang memindahkan gula. 

Jaringan tumbuhan diatur ke dalam sistem jaringan. Tumbuhan memiliki tiga sistem jaringan:

  • Sistem jaringan kulit menutupi bagian luar tumbuhan dan memberikan perlindungan. Sistem jaringan dermal meliputi:jaringan epidermis dan lubang kecil, yang disebut stomata, yang membuka dan menutup untuk memungkinkan pertukaran gas.
  • Sistem jaringan dasar adalah jaringan umum sistem dengan berbagai fungsi termasuk fotosintesis dan penyimpanan makanan. Tanah jaringan mengandung sel fotosintesis (kloroplas) tumbuhan. 
  • Sistem jaringan vaskular adalah sistem yang bertanggung jawab untuk transportasi bahan, termasuk air dan nutrisi, di seluruh tanaman. Xilem dan floem merupakan bagian dari sistem jaringan pembuluh.

Sistem jaringan tumbuhan diatur menjadi organ. Tumbuhan memiliki empat organ utama:

  • Daun merupakan organ utama yang digunakan untuk menangkap sinar matahari yang digunakan dalam fotosintesis.
  • Akar adalah organ utama yang digunakan untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah.
  • Batang adalah organ utama yang digunakan untuk mengangkut bahan antara daun dan akar.
  • Organ reproduksi (seperti bunga) menghasilkan biji yang tumbuh menjadi tanaman baru. Bunga biasanya terdiri dari kelopak berwarna-warni yang menarik serangga dan penyerbuk lainnya.

Organ tumbuhan dikelompokkan bersama untuk membentuk dua sistem organ utama tumbuhan: sistem akar dan sistem fotosintesis. Sistem akar biasanya berada di bawah tanah dan mencakup akar dan serat terkait yang bercabang dari akar utama. Sistem ini berfungsi untuk menambatkan tanaman dan menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah. Sistem fotosintesis biasanya di atas tanah dan termasuk batang, daun, dan organ reproduksi, seperti bunga.Sistem ini memiliki banyak fungsi termasuk fotosintesis dan reproduksi. Seperti hewan, sistem organ tumbuhan bekerja sama untuk membentuk struktur dan fungsi seluruh organisme.

Contoh spesifik dari organisasi ini dimulai dengan sel tumbuhan yang panjang, sempit, dan terspesialisasi yang bekerja sama untuk membentuk xilem, yang merupakan jaringan. Xilem bekerja dengan floem (jaringan lain) untuk membentuk sistem jaringan pembuluh. Sistem jaringan vaskular bekerja dengan sistem jaringan kulit dan sistem jaringan dasar untuk membentuk daun, yang merupakan organ.

Akhirnya, daun bekerja dengan organ lain (akar, batang, dan struktur reproduksi) untuk membuat sebuah tanaman.

Tidak semua tumbuhan memiliki semua sistem jaringan dan organ. Lumut tidak memiliki pembuluh jaringan. Tanpa jaringan pembuluh, lumut tidak dapat mengangkut air jarak jauh. Ini sebabnya mereka hanya bisa tumbuh di daerah basah dan mengapa mereka tidak bisa tumbuh sangat tinggi. Lumut juga tidak berkembang biak dengan menggunakan bunga. Mereka menggunakan siklus reproduksi sederhana yang melibatkan struktur kecil disebut spora.

Bagan di halaman berikutnya mencakup gambar berbagai struktur yang ditemukan pada hewan atau tanaman. Untuk setiap struktur, gambarkan unit hidup yang lebih kecil yang membentuk struktur tersebut. Juga, menggambarkan unit hidup terbesar berikutnya. Tulis jawaban Anda langsung di bagan di sebelah masing-masing

"Hirarki kehidupan" dan "Tingkat organisasi" dialihkan ke sini. Untuk urutan hierarkis dan organisasi semua organisme, lihat Klasifikasi biologis. Untuk hierarki evolusioner organisme dan hubungan antarspesial, lihat Pohon filogenetik.

Organisasi biologis adalah hierarki struktur dan sistem biologis kompleks yang mendefinisikan kehidupan menggunakan pendekatan reduksionistik.Hirarki tradisional, sebagaimana dirinci di bawah, terbentang dari atom hingga biosfer. Tingkat yang lebih tinggi dari skema ini sering disebut sebagai konsep organisasi ekologis, atau sebagai bidang, ekologi hierarkis.

Setiap tingkat dalam hierarki mewakili peningkatan kompleksitas organisasi, dengan setiap "objek" terutama terdiri dari unit dasar tingkat sebelumnya.Prinsip dasar di balik organisasi adalah konsep kemunculan—sifat dan fungsi yang ditemukan pada tingkat hierarkis tidak ada dan tidak relevan di tingkat yang lebih rendah.

Organisasi biologis kehidupan adalah premis mendasar untuk berbagai bidang penelitian ilmiah, khususnya dalam ilmu kedokteran. Tanpa tingkat pengorganisasian yang diperlukan ini, akan jauh lebih sulit—dan kemungkinan tidak mungkin—untuk menerapkan studi tentang efek berbagai fenomena fisik dan kimia terhadap penyakit dan fisiologi (fungsi tubuh). Misalnya, bidang-bidang seperti ilmu saraf kognitif dan perilaku tidak akan ada jika otak tidak terdiri dari jenis sel tertentu, dan konsep dasar farmakologi tidak akan ada jika tidak diketahui bahwa perubahan pada tingkat sel dapat mempengaruhi keseluruhan. organisme. Aplikasi ini meluas ke tingkat ekologi juga. Misalnya, efek insektisida langsung DDT terjadi pada tingkat subselular, tetapi mempengaruhi tingkat yang lebih tinggi hingga dan mencakup berbagai ekosistem. Secara teoritis, perubahan dalam satu atom dapat mengubah seluruh biosfer.


Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top