Pelajaran Matematika Teorema Phytagoras  instituteistic

Articles/pictures/videos in various disciplines such as mathematics, science and computational science. Explore advanced logical thinking, conceptual ability,  and enhance students understanding of science and mathematics, primary education, secondary education, higher education, teacher education,  and non-formal education

Teorema Pythagoras, teorema geometris yang terkenal bahwa jumlah kuadrat pada kaki segitiga siku-siku sama dengan kuadrat pada sisi miring ...........
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Teorema keterkaitan antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku dinamakan sesuai nama filsuf dan matematikawan Yunani abad ke-6 SM, Pythagoras.
Teorema Pythagoras, teorema geometris yang terkenal bahwa jumlah kuadrat pada kaki segitiga siku-siku sama dengan kuadrat pada sisi miring (sisi yang berlawanan dengan sudut siku-siku)—atau, dalam notasi aljabar yang sudah dikenal, a^2 + b^2 = c^2. Meskipun teorema ini telah lama dikaitkan dengan matematikawan-filsuf Yunani Pythagoras (c. 570–500/490 SM), teorema ini sebenarnya jauh lebih tua. Empat tablet Babilonia dari sekitar tahun 1900-1600 SM menunjukkan beberapa pengetahuan teorema, dengan perhitungan yang sangat akurat dari akar kuadrat dari 2 (panjang sisi miring dari segitiga siku-siku dengan panjang kedua kaki sama dengan 1) dan daftar bilangan bulat khusus yang dikenal sebagai tripel Pythagoras yang memenuhinya. Teorema ini disebutkan dalam Baudhayana Sulba-sutra India, yang ditulis antara 800 dan 400 SM. Namun demikian, teorema datang untuk dikreditkan ke seorang bernama Pythagoras.

Menurut sejarawan Suriah Iamblichus (c. 250-330 M), Pythagoras diperkenalkan ke matematika oleh Thales dari Miletus dan muridnya Anaximander. Bagaimanapun, diketahui bahwa Pythagoras melakukan perjalanan ke Mesir sekitar 535 SM untuk melanjutkan studinya, ditangkap selama invasi pada 525 SM oleh Cambyses II dari Persia dan dibawa ke Babel, dan mungkin telah mengunjungi India sebelum kembali ke Mediterania. Pythagoras segera menetap di Croton (sekarang Crotone, Italia) dan mendirikan sekolah, atau dalam istilah modern sebuah biara (lihat Pythagorasisme), di mana semua anggota mengambil sumpah kerahasiaan yang ketat, dan semua hasil matematika baru selama beberapa abad dikaitkan dengan namanya. . Jadi, tidak hanya bukti pertama dari teorema yang tidak diketahui, ada juga beberapa keraguan bahwa Pythagoras sendiri yang benar-benar membuktikan teorema yang menyandang namanya. Beberapa ahli berpendapat bahwa bukti pertama adalah yang ditunjukkan pada gambar. Itu mungkin ditemukan secara independen di beberapa budaya yang berbeda.

Dalam matematika, teorema Pythagoras, atau teorema Pythagoras, adalah hubungan mendasar dalam geometri Euclidean antara tiga sisi segitiga siku-siku. Dinyatakan bahwa luas persegi yang sisinya merupakan sisi miring (sisi yang berhadapan dengan sudut siku-siku) sama dengan jumlah luas persegi pada kedua sisi lainnya.

Dalam matematika, teorema Pythagoras, atau teorema Pythagoras, adalah hubungan mendasar dalam geometri Euclidean antara tiga sisi segitiga siku-siku. Dinyatakan bahwa luas persegi yang sisinya merupakan sisi miring (sisi yang berhadapan dengan sudut siku-siku) sama dengan jumlah luas persegi pada kedua sisi lainnya. Teorema ini dapat ditulis sebagai persamaan yang menghubungkan panjang sisi a, b dan c, sering disebut persamaan Pythagoras:

a^2+b^2=c^2,
di mana c menyatakan panjang sisi miring dan a dan b panjang dua sisi segitiga lainnya. Teorema, yang sejarahnya menjadi bahan perdebatan banyak, dinamai filsuf Yunani Pythagoras, lahir sekitar 570 SM.

Teorema ini telah dibuktikan berkali-kali dengan berbagai metode - mungkin yang paling banyak untuk teorema matematika mana pun. Buktinya beragam, termasuk bukti geometris dan bukti aljabar, dengan beberapa yang berusia ribuan tahun.

Teorema ini dapat digeneralisasikan dalam berbagai cara: ke ruang berdimensi lebih tinggi, ke ruang yang bukan Euclidean, ke objek yang bukan segitiga siku-siku, dan ke objek yang bukan segitiga sama sekali tetapi padatan berdimensi n. Teorema Pythagoras telah menarik minat di luar matematika sebagai simbol matematika, mistik, atau kekuatan intelektual; referensi populer dalam sastra, drama, musikal, lagu, perangko, dan beraneka ragam kartun.


Berikut adalah Soal Latihan yang berkaitan dengan Teorama Phytagoras : Soal Latihan Teorema Phytagoras
 

Tag:

contoh soal teorema pythagoras
materi teorema pythagoras
teorema pythagoras berlaku pada segitiga
kumpulan soal teorema pythagoras smp kelas 8 dan jawaban pdf
rumus pythagoras smp
rumus pythagoras segitiga siku-siku
rumus teorema pythagoras
rumus phytagoras dengan sudut
gambar segitiga siku-siku
angka pythagoras
tabel pythagoras
teorema pythagoras quipper
buku matematika kelas 8 semester 2
soal teorema pythagoras kelas 8
rumus segitiga siku-siku
contoh soal pythagoras dan penyelesaiannya



Instituteistic | Bimbel Jakarta TImur

Instituteistic | Bimbel Jakarta Timur

Instituteistic, Bimbel Jakarta Timur, Autocad, Matematika IPA, Informasi Tutorial, SD SMP SMA, Linux Software Inspiratif Hack, Open Source.

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top